Ketika membeli kendaraan baru secara kredit pihak bank atau leasing otomatis memberikan perlindungan asuransi pada kendaraan atas risiko-risiko yang tidak diinginkan selama proses cicilan. Anda bisa menggunakan asuransi yang ditawarkan pihak dealer atau memilih asuransi kendaraan yang Anda percaya. Bagaimana cara memilih asuransi kendaraan yang bisa dipercaya. Kami akan berikan tips khusus untuk Anda.
Dalam memilih asuransi kendaraan,
Anda mungkin ingin sebuah asuransi yang biayanya terjangkau sekaligus
menawarkan layanan lengkap, klaim cepat, dan banyak pilihan bengkel rekanan. Namun besaran asuransi
kendaraan secara umum ditentukan oleh beberapa faktor. Yaitu, jenis jaminan
yang dipilih, apakah jenis All Risk atau Total Loss Only (TLO).
All Risk adalah perlindungan yang
mencakup semua kejadian kerusakan. Sedangkan TLO adalah perlindungan untuk
kehilangan saja, tidak berlaku untuk kerusakan ringan. Dalam perkembangannya, asuransi kendaraan
menyediakan layanan tanggung jwab hukum terhadap pihak ketiga dan penumpang,
terjadi bencana alam, dan huru hara.
Jadi untuk memilih asuransi yang
bisa dipercaya adalah dengan mencar iketerangan lengkap tentang tawaran
asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.
2. Pelayanan Bagus
Tarif premi yang ditetapkan oleh
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membuat biaya asuransi antara perusahaan satu
dengan lainnya relatif sama. Alhasil, perusahaan asuransi terdorong untuk
bersaing dalam hal pelayanan. Pelayanan memuaskan adalah syarat penting bagi
klien untuk terus menggunakan jasa asuransi di perusahaan tersebut ataukah
tidak.
Sebagai pelanggan tentunya Anda
lebih nyaman memilih perusahaan asuransi yang memiliki pelayanan bagus.
Pelayanan disini menyangkut customer service dan agen asuransi yang ramah, mudah
dihubungi, dan memberikan konsultasi tentang produk-produk yang ditawarkan. Apalagi bila Anda adalah pelanggan
yang telah bertahun-tahun menggunakan produk asuransi.
3. Proses Klaim Mudah
Perusahaan asuransi yang paling
bagus dan bisa dipercaya adalah perusahaan yang melayani pencairan klaim pelanggan
dengan cepat dan tidak berbelit. Dengan proses klaim yang mudah, Anda sebagai pelanggan
tentu merasa aman. Apalagi pihak pelanggan yang sedang melakukan proses klaim
pada dasarnya sedang berada dalam kesulitan finansial yang berat, dukungan dari
pihak asuransi berupa pencairan klaim yang cepat adalah harapan setiap
pelanggan.
Sebagai nasabah pemegang polis
asuransi, Anda wajib memahami syarat pencairan klaim agar tidak terjadi
kesulitan waktu proses pengajuan klaim. Beda perusahaan asuransi maka aturan
klaim berbeda pula. Untuk itu, pelajari baik-baik sebelum melakukan proses
pengajuan klaim.
Pada saat mengalami kerusakan
ringan, dokumen yang harus Anda siapkan adalah; mengisi Laporan Kecelakaan
Kendaraan Bermotor (LKKB), fotokopi polis, fotokopi STNK kendaraan, fotokopi
SIM pengemudi, dan fotokopi KTP tertanggung. Untuk kendaraan yang hilang karena
pencurian maka dokumen yang harus ditambahkan adalah surat keterangan dari
polisi.
Untuk proses pengajuan klaim
kerusakan total dan kehilangan, maka dokumen yang harus dilengkapi adalah; Laporan
Kecelakaan Kendaraan Bermotor (LKKB), polis asli dan bukti pembayaran premi,
STNK asli, BPKP asli, faktur kendaraan, surat keterangan dari kepolisian, fotokopi
SIM pengemudi, fotokopi KTP tertanggung, kunci kontak kendaraan, surat
subrogasi, surat blokir, dan surat pernyataan tidak memiliki asuransi lain.
Untuk kemudahan Anda mengurus
proses klaim, maka dokumen-dokumen diatas harus dilengkapi.
4. Bengkel Rekanan Banyak
Setiap perusahaan asuransi
kendaraan selalu bekerjasama dengan bengkel rekanan. Perusahaan asuransi yang
memiliki banyak pilihan bengkel rekanan tentunya akan memudahkan nasabah untuk
melakukan proses perbaikan tanpa dipusingkan dengan letak bengkel yang tidak
terjangkau tempatnya atau bahkan pelayanannya kurang memuaskan.
Apabila asuransi yang Anda pakai
memiliki cukup banyak rekanan bengkel, hal ini sangat menguntungkan Anda
sebagai nasabah. Jadi tidak perlu menunggu lama untuk mendaftarkan kendaraan
Anda pada perusahaan asuransi yang tepat dan tepercaya.
Demikian cara memilih perusahaan
asuransi yang bagus dan tepercaya. Dengan pelayanan bagus, memberikan
perlindungan dan jaminan penuh, banyak memiliki bengkel rekanan, dan proses
klaim cepat adalah perusahaan asuransi idaman nasabah.
Baca juga:
Tips Merawat Mobil yang jarang Digunakan
Tips Menghindari Kebakaran Rumah agar Aman
Asuransi Rumah dan Perlindungan Aset
Baca juga:
Tips Merawat Mobil yang jarang Digunakan
Tips Menghindari Kebakaran Rumah agar Aman
Asuransi Rumah dan Perlindungan Aset