Slide # 4

Proteksi

Kenyamanan adalah saat kita yakin akan proteksi terhadap aset dan perlindungan diri. Read More

Slide # 5

Resiko

Kemungkinan kerugian yang akan timbul di keseharian kita, bagaimana menyiasatinya Read More

Monday 13 February 2017

Manajemen Risiko SDM Perusahaan


Sebagai pimpinan perusahaan, Anda tentu ingin memiliki anak buah dengan kinerja cepat, penuh semangat, dan menghasilkan keuntungan maksimal bagi perusahaan. Namun ada kalanya Anda kecewa saat menemui karyawan yang melakukan pekerjaan biasa-biasa saja atau bahkan dibawah harapan Anda. Sebaliknya Anda pernah menemui karyawan di perusahaan lain dengan kinerja yang luar biasa dan sangat menguntungkan perusahaan tersebut. Apakah yang menyebabkan masing-masing karyawan berbeda dari satu perusahaan dengan perusahaan lain?

Meaning Quotient

Ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa orang-orang yang memberikan hasil luar biasa dalam diri mereka digerakkan oleh passion atau kecintaan mereka pada pekerjaan dan membuat mereka selalu menemukan antusiasme dalam setiap langkah dan gerakan mereka. Kecintaan yang mendorong seseorang menemukan antusiasme tanpa henti ini disebut Meaning Quotient.

Arti Meaning Quotient secara bebas adalah suasana hati seseorang saat merasa tertantang melakukan sebuah pekerjaan atau tindakan karena merasa hal tersebut sangat penting dan bermanfaat untuk orang lain. Bisa dikatakan orang tersebut telah menemukan “meaning” dalam aktivitas dan kehidupan mereka sehingga terpacu melakukan yang terbaik di setiap pekerjaannya.

Ketika Anda merasa bahwa karyawan dalam perusahaan kurang antusias dalam bekerja, melakukan pekerjaan hanya sesuai dengan imbalan yang didapat setiap bulannya, bekerja hanya sebagai sebuah rutinitas membosankan dan tidak sabar menunggu jam kerja berakhir artinya bahwa MQ SDM perusahaan rendah. Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Sesungguhnya Meaning Quotient dibentuk dan ditingkatkan dalam lingkungan kerja. Kuncinya terletak pada pemimpin perusahaan.

Menyamakan Visi dan Misi

Mengatasi masalah risiko SDM dengan meningkatkan Meaning Quotient karyawan adalah dengan menyamakan visi dan misi perusahaan. Tujuan utamanya untuk membuat tim dalam perusahaan menjadi solid dan produktif. Tugas Anda sebagai pimpinan perusahaan yang harus melakukannya. Dengan kesamaan visi dan misi, maka karyawan akan bisa membawa diri sesuai dengan apa yang diminta perusahaan.

Cerita dan Obrolan Inspiratif

Kebiasaan perusahaan pemasaran menggunakan cerita inspiratif di setiap pertemuan untuk memberikan daya gugah bagi timnya. Hal ini akan menggugah “meaning” dalam diri masing-masing individu dalam perusahaan. Ada empat cerita inspiratif yang bisa Anda gunakan untuk menyentuh daya gugah karyawan agar semakin antusias bekerja.

1. Cerita sosial masyarakat. Cerita mengenai masyarakat di sekitar lingkungan terdekat karyawan cukup mengugah karyawan untuk semakin antusias bekerja lebih untuk perusahaan. Apa yang telah perusahaan berikan pada lingkungan sekitar dan dampak positif bagi masyarakat. Terutama saat karyawan ikut serta dan aktif di bidang kemasyarakatan yang dibentuk oleh perusahaan dalam program CSR misalnya.

2.  Testimoni Pelanggan. Produk perusahaan yang bagus tentunya mendapatkan banyak testimoni positif dari para pelanggan. Ceritakan pada para karyawan baik di setiap pertemuan atau obrolan ringan antar karyawan dan pimpinan langsung. Masing-masing karyawan akan merasa bangga dengan produk yang telah dibuat oleh perusahaan tempat mereka bekerja.  

3. Cerita Kerjasama Tim. Karyawan dalam sebuah perusahaan adalah sebuah tim kerja yang solid dan saling memiliki. Rasa kepemilikan itu akan timbul saat Anda sebagai pimpinan menunjukkan rasa peduli terhadap masing-masing karyawan dan keluarganya. Yakinkan SDM perusahaan dari tingkat satpam, karyawan Anda untuk menjadi tim terbaik bagi perusahaan. Tunjukkan bukti dan contoh nyata dengan sikap dan komitmen Anda pada karyawan.

4. Cerita Personal. Tunjukkan pada semua karyawan bahwa menjadikaryawan di perusahaan Anda memberikan dampak positif terhadap peningkatan kinerja masing-masing individu, seperti keahlian dan kemampuan diri yang  semakin meningkat, pengembangan diri, pengalaman baru dan bonus atau promosi jabatan yang menarik.

Pilih Kosakata Menggugah

Ucapan dan kata-kata pimpinan perusahaan mempengaruhi sikap dan tindakan karyawannya. Oleh sebab itu Anda sebagai seorang pemimpin harus selektif dan seefektif mungkin menggunakan kata-kata yang tepat untuk menambah kenyamanan dan produktifitas karyawan. Misalkan saja gantilah kata kerja dengan kata karya. Umum dipahami bahwa Bekerja identik dengan rutinitas yang melelahkan. Sebaliknya Berkarya memberikan dampak positif dan peningkatan semangat kerja lebih tinggi. Mengubah kosakata memang terdengar sepele, namun apabila dilakukan rutin dan dibiasakan dalam aktivitas sehari-hari bisa menambah semangat kerja karyawan dalam perusahaan Anda.  

Demikian manajemen risiko SDM perusahaan agar semakin produktif dan meningkatkan keuntungan bagi perusahaan Anda. Semoga bermanfaat.


Baca Juga:
Manajemen Risiko Usaha dalam Bisnis
Solusi Mengatasi Risiko Proyek Jalan dan Jembatan
Risiko dan Solusi yang Dihadapi Perusahaan Jasa Pengiriman Barang
Jenis Risiko Usaha dan Solusi Mengatasi Risiko
Asuransi Mikro Untuk Masyarakat Umum
Perlindungan Barang Elektronik Perusahaan dan Umum
Melindungi Rumah Selalu Bersih dan Sehat


Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment