Slide # 4

Proteksi

Kenyamanan adalah saat kita yakin akan proteksi terhadap aset dan perlindungan diri. Read More

Slide # 5

Resiko

Kemungkinan kerugian yang akan timbul di keseharian kita, bagaimana menyiasatinya Read More

Sunday 12 February 2017

Risiko dan Solusi yang Dihadapi Perusahaan Jasa Pengiriman Barang


Perusahaan jasa pengiriman barang sangat dibutuhkan masyarakat di era globalisasi ini. Baik untuk kepentingan antar kantor, instansi, ataupun individu. Maraknya toko online menjadi salah satu keuntungan tersendiri bagi perusahaan jasa pengiriman barang. Oleh sebab itu semakin banyak perusahaan baru yang terjun pada jasa pengiriman barang. PT Pos Indonesia sebagai perusahaan pengiriman barang paling lama berdiri di Indonesia kini harus bersaing dengan JNE, TIKI, Wahana, DHL, UPS, dan lain sebagainya.  

Meskipun begitu, jasa pengiriman barang masih cukup terbuka lebar utamanya di daerah perkotaan. Anda yang tertarik terjun pada usaha pengiriman barang, harus memahami terlebih dahulu risiko-risiko yang harus dihadapi. Dengan begitu Anda bisa menemukan solusi dengan cepat dan tepat. Berikut kami rangkum Risiko dan Solusi mendirikan perusahaan jasa pengiriman barang.  

1. SDM

Risiko SDM yang kurang handal bisa terjadi dalam setiap perusahaan. Dalam sebuah perusahaan, sumber daya manusia adalah aset yang paling berharga. Oleh sebab itu perusahaan selalu memberikan pelatihan baru secara rutin untuk menambah skill dan keahlian pekerjanya. Di bidang pengiriman jasa, SDM yang berperan dari teller, kurir pengantar barang, dan pimbinan cabang, dan pimpinan pusat harus benar-benar menguasai pekerjaan mereka dengan cepat dan tepat sasaran. Oleh sebab itu, rekruitmen karyawan, training, dan pengembangan SDM perusahaan harus benar-benar diperhatikan.

Konsumen sendiri dalam memilih jasa pengiriman barang, yang paling mereka nilai adalah pelayanan, kecepatan dan ketepatan pengiriman, serta promosi. Ketiga hal ini akan berjalan bagus bila diimbangi dengan sumber daya manusia yang cekatan. Solusi yang tepat untuk memberikan pelayanan terbaik adalah memberikan para karyawan dan pimpinan perusahaan dengan training rutin. Minimal setiap enam bulan sekali untuk meningkatkan kinerja perusahaan.    

2. Persaingan Usaha

Risiko persaingan usaha perlu menjadi pertimbangan perusahaan jasa pengiriman. Peluang usaha jasa pengiriman sangat luas dan digemari para pengusaha saat ini. Sehingga persaingan usaha pun semakin ketat. Masing-masing perusahaan jasa pengiriman memberikan layanan terbaik dengan harga bersaing untuk menarik konsumen.  

Solusi tepat untuk persaingan usaha jasa pengiriman adalah dengan meningkatkan pelayanan kepada konsumen. Memberikan pelayanan pengiriman yang memuaskan atas barang mereka adalah keinginan konsumen. Oleh sebab itu, tingkatkan terus pelayanan. Menurunkan harga paket pengiriman hanya karena persaingan bisnis itu tidak perlu, karena akan membuat konsumen kecewa.

3. Kesalahan Pengiriman

Risiko kesalahan mengirim dan keterlam barang paling sering terjadi pada perusahaan jasa pengiriman. Hal ini dikarenakan alamat kirim yang terlalu jauh ke pelosok atau tidak ada nomor telepon yang dicantumkan. Solusi yang harus dilakukan perusahaan pengiriman barang adalah dengan melakukan kontak langsung pada penerima barang agar tidak ada kasus salah kesalahan kirim.  

4. Kerusakan Barang

Jenis barang yang mudah hancur, pecah dan bahkan meledak adalah risiko dalam jasa pengiriman. Konsumen sendiri sering kali tidak mengatakan dengan jujur isi barang untuk mengurangi harga sehingga pengepakan paket dilakukan seperti barang pada umumnya.  Pengiriman barang antar perusahaan melalui udara, atau  pengiriman antar negara melalui laut, tentunya memiliki risiko kirim yang sangat besar.   

Untuk pengiriman paket berharga dan barang-barang dengan jumlah besar diperlukan perlindungan khusus yang bisa mencegah Anda ataupun perusahaan Anda dari kerugian besar. Oleh sebab itu perusahaan pengiriman barang melakukan kerjasama dengan pihak asuransi untuk mengurangi risiko kerugian yang bisa terjadi pada saat pengiriman.   

5. Pencurian dan Kebakaran

Terjadinya pencurian dan kebakaran di area gudang penyimpanan paket dan barang kirima bisa terjadi. Risiko yang akan ditanggung oleh perusahaan pengiriman tentunya sangat besar. Untuk mengurangi risiko terhadap konsumen yang diakibatkan pencurian dan kebakaran, pihak perusahaan jasa pengiriman bekerjasama dengan asuransi untuk melindungi barang konsumen dari kerugian. Dengan adanya rasa perlindungan yang diberikan oleh pihak asuransi, maka konsumen bisa merasa aman dengan barang berharga yang dikirimnya.

Demikian penjabaran tentang risiko dan solusi tepat untuk mendirikan perusahaan jasa pengiriman. SDM yang berkualitas, pelayanan prima dan perlindungan terhadap barang kiriman akan memberikan keamanan dan kepuasan pada pelanggan perusahaan jasa pengiriman. Di tengah ketatnya persaingan jasa pengiriman, kelima risiko dan solusi diatas adalah jawaban tepat untuk memulai usaha jasa pengiriman.    


Baca Juga:
Solusi Mengatasi Risiko Proyek Jalan dan Jembatan
Jenis Risiko Usaha dan Solusi Tepat Mengatasi Risiko
Asuransi Mikro Untuk Masyarakat Umum
Perlindungan Barang Elektronik Perusahaan dan Umum
Melindungi Rumah Selalu Bersih dan Sehat
Menjaga Keamanan Rumah Saat Berlibur
Cara Mengenalkan Uang Pada Anak Sejak Dini

Comments
2 Comments

2 comments:

  1. kelinci99
    Togel Online Terpercaya Dan Games Laiinnya Live Casino.
    HOT PROMO NEW MEMBER FREECHIPS 5ribu !!
    NEXT DEPOSIT 50ribu FREECHIPS 5RB !!
    Ada Bagi2 Freechips Untuk New Member + Bonus Depositnya Loh ,
    Yuk Daftarkan Sekarang Mumpung Ada Freechips Setiap Harinya
    segera daftar dan bermain ya selain Togel ad juga Games Online Betting lain nya ,
    yang bisa di mainkan dgn 1 userid saja .
    yukk daftar di www.kelinci99.casino

    ReplyDelete