Slide # 4

Proteksi

Kenyamanan adalah saat kita yakin akan proteksi terhadap aset dan perlindungan diri. Read More

Slide # 5

Resiko

Kemungkinan kerugian yang akan timbul di keseharian kita, bagaimana menyiasatinya Read More

Saturday 14 January 2017

Sejarah PT Asuransi Bhakti Bhayangkara

Sejarah

Komjen. Pol. (Purn) Drs. Pamoedji (alm) yang saat itu masih menjabat sebagai Deputi Kapolri, berkeinginan untuk menghidupkan kembali Bank Sejahtera Polri yang operasionalnya telah ditutup. Sayangnya izin usaha bank tidak bisa diperpanjang kembali. Akhirnya pada tahun 1986, Komjen. Pol. (Purn) Drs. Pamoedji (alm) menggagas dibentuknya perusahaan asuransi kerugian yang bekerjasama dengan pihak Polri.

Untuk merealisasikan ide pendirian perusahaan tersebut, beliau mengajak Drs. H. A. Fauzi Achmad, MBA dan Brigjen TNI AD (Purn) Yushar Yahya (alm), membuat proposal pendirian perusahaan asuransi swasta nasional.  Selanjutnya dibuatlah produk asuransi khusus Asuransi Kecelakaan Diri Pengemudi (AKDP), Asuransi Tanggung Jawab Hukum kepada Pihak Ketiga (ATJHK), dan Asuransi Kecelakaan Diri Anggota Polri (AKDA). Proposal pendirian perusahaan asuransi tersebut disampaikan kepada Dirjen Moneter Dalam Negeri yang diteruskan kepada Direktur Lembaga Keuangan dan Akuntansi Dirjen Moneter.

Selama lima tahun ketiga pemrakarsa melakukan penyempurnaan proposal pendirian dalam bentuk program. Selanjutnya proposal tersebut diajukan kepada Kapolri selaku ketua Umum YBB Polri Pusat. Kapolri yang pada saat itu dijabat oleh Jendral Pol. Drs. Moch. Sanoesi, menyetujui pendirian perusahaan asuransi kerugian bekerjasama dengan YBB Polri Pusat. Saham mayoritas dimiliki oleh YBB Polri Pusat sebagai usaha membantu Polri di bidang kesejahteraan anggota Polri dan keluarganya.

Dengan surat nomor B/115/V/1987 tanggal 16 Mei 1987, Kapolri mengajukan ijin mendirikan perusahaan asuransi kerugian di lingkungan YBB Polri kepada Dirjen Moneter dalam Negeri. Pada tanggal 19 September 1987 keluar ijin prinsip dengan surat nomor S-5966/MD/1987.

Peresmian operasional PT Asuransi Bhakti Bhayangkara oleh Kapolri selaku Ketua Umum YBB Polri Pusat yang saat itu dijabat oleh Jendral Pol. Drs. Moch. Sanoesi pada tanggal 30 Januari 1988 di Kantor Pusat Jl. Sisingamangaraja No. 37 Kebayoran baru, Jakarta Selatan.


Tanggal berdiri PT Asuransi Bhakti Bhayangkara dicatat dalam Akta Notaris Muhammad Said Tadjoedin, SH No 01 tanggal 1 Juli 1987 bertepatan dengan hari Bhayangkara. Oleh sebab itu ditetapkannya tanggal pendirian PT Asuransi Bhakti Bhayangkara adalah tanggal 1 Juli 1987.

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment