Slide # 4

Proteksi

Kenyamanan adalah saat kita yakin akan proteksi terhadap aset dan perlindungan diri. Read More

Slide # 5

Resiko

Kemungkinan kerugian yang akan timbul di keseharian kita, bagaimana menyiasatinya Read More

Saturday 28 January 2017

4 Tips Usaha Bersama Teman agar Sukses dan Harmonis


Membangun sebuah usaha bersama teman dan sahabat dekat tentu menyenangkan. Mengetahui sifat dan keahlian satu sama lain adalah modal untuk kesuksesan usaha bersama yang Anda bangun. Namun dalam mendirikan bisnis bersama harus ada profesionalitas yang harus dipegang agar usaha bersama bertahan lama dan sukses besar. Ada empat kunci sukses bersama teman yang harus Anda pahami.

1. Bangun Chemistry

Landasan utama membangun usaha bersama adalah kesamaan visi misi dan kecocokan karakter. Masing-masing pihak perlu menimbang kemampuan dan potensi masing-masing agar mudah membagi tugas kerja dan tanggung jawab. Ketika memasuki dunia usaha, teman menjadi partner bisnis yang harus bersikap profesional dan mendahulukan kepentingan usaha bersama.  

Pilihlah teman yang memiliki karakter dan keahlian yang bisa saling melengkapi. Misalkan Anda memiliki keahlian memasak, pilihlah teman kerja yang memiliki keahlian event organizer atau marketing untuk menjalankan usaha katering. Jangan mengajak teman yang memiliki keahlian komputer memasuki bisnis kuliner. Anda akan membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi dengan bidang usaha yang cukup jauh bedanya. Anda sendiri juga perlu melakukan analisa kemampuan sendiri untuk menjalankan bisnis bersama.

Setelah saling memahami karakter dan kemampuan masing-masing akan muncul chemistri dan semangat usaha bersama untuk mencapai tujuan. Karakter teman yang bisa diajak bekerja sama tentunya bertanggung jawab dan bisa diajak bekerjasama.  Dengan memiliki kesamaan visi misi, karakter dan keahlian yang saling melengkapi, Anda bisa dengan cepat menjalankan usaha bersama.

2. Bicarakan Komitmen Bersama

Langkah kedua membangun usaha bersama adalah mulailah bicarakan komitmen awal dalam menentukan usaha. Bidang usaha apa yang ingin digelut, modal dan pembagian hasil usaha. Dalam menentukan bidang usaha bersama, sesuaikan dengan keahlian masing-masing.    

Modal merupakan nyawa sebuah usaha. Kunci sukses berbisnis adalah dana modal yang bersarannya berimbang dan transparan. Termasuk mengenai pembagian hasil usaha. Uang yang dijadikan modal usaha bersama haruslah murni uang investasi bukan dana yang seharusnya untuk kebutuhan keluarga. Sehingga kedepannya tidak terjadi masalah pribadi antar keluarga yang berimbas pada persahabatan bersama.

Pencatatan komitmen usaha bersama, modal dan pembagian usaha harus dicatat dalam kontrak bersama yang dilengkapi materai. Kontrak bisnis harus diperbarui secara berkala setiap ada penambahan modal dari kedua belah pihak saat bisnis mulai berkembang ke arah positif. Hal ini bisa menghindari masalah di masa mendatang.  

Mengenai pembagian hasil usaha harus dilakukan secara berimbang. Baik dalam bentuk deviden dan gaji. Deviden adalah bagi hasil keuntungan perusahaan berdasarkan besarnya modal yang diberikan. Gaji adalah imbalan atas kerja sesuai dengan keahlian. Dengan adanya kejelasan komitmen bersama mengenai modal dan pembagian usaha bersama, kelangsungan usaha bersama bisa berjalan lancar.     

3. Tentukan Tujuan Usaha

Langkah ketiga adalah menentukan tujuan usaha. Termasuk di dalamnya adalah menentukan klien atau konsumen yang menjadi target usaha. Lakukan survei dengan teliti di pangsa pasar level mana usaha bersam ayang Anda bentuk dikhususkan.  

Usaha bersama yang dibangun di tahun-tahun awal tidak memerlukan karyawan cukup banyak. Sehingga Anda dan rekan kerja harus menempatkan diri sebagai pemilik bisnis sekaligus karyawan. Tekankan bahwa perusahaan Anda adalah Anda. Sebagai pemilik harus melakukan kerja sebagai karyawan untuk menghemat pengeluaran.  Selain itu dalam bisnis kecil sekalipun tentukan posisi struktural secara tegas. Tentukan salah satu orang sebagai pemimpin bisnis yang menentukan keputusan tertinggi hasil musyawarah.

4. Tegakkan Disiplin Bersama

Kedisiplinan dan kerja keras adalah kunci sukses bisnis bersama teman. Kedua sifat tersebut harus dimiliki masing-masing pihak, sehingga segala bentuk perselisihan bisa dihindari. Mengelola konflik yang muncul terkait dengan pekerjaan harus dilakukan dengan tegas. Hal positif mendirikan usaha bersama teman adalah mudah menyamakan visi misi dan kepercayaan.

Itu tadi empat tips membangun usaha bersama teman. Membangun chemistry atau kecocokan dalam berbisnis adalah langkah pertama. Selanjutnya tinggal menuliskan komitmen, menentukan tujuan bersama, dan menegakkan kedisiplinan serta kerja keras dalam membangun usaha bersama. Semoga bermanfaat.


Baca juga:
Tips Sehat Saat Hujan
Cara Mencegah Pencurian Mobil
Peluang Usaha Sampingan Bergaji Besar
Manfaat Investasi Emas yang Perlu Anda Ketahui
Asuransi atau Investasi - Mana yang Lebih Penting?

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment