Slide # 4

Proteksi

Kenyamanan adalah saat kita yakin akan proteksi terhadap aset dan perlindungan diri. Read More

Slide # 5

Resiko

Kemungkinan kerugian yang akan timbul di keseharian kita, bagaimana menyiasatinya Read More

Sunday 29 January 2017

9 Tips Membangun Networking agar Sukses


Networking atau jaringan kerja dalam bisnis adalah ujung tombak keberhasilan perusahaan. Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan networking yang luas. Anda bisa mendapatkan tambahan modal, alat, tempat, tenaga pemasaran dengan menggunakan jaringan yang Anda miliki. Sebagai perusahan yang baru berjalan, networking yang luas bisa dengan cepat membantu kesuksesan bisnis Anda.

1. Memperbanyak Kenalan

Pebisnis sukses biasanya memiliki banyak mitra bisnis orang-orang hebat. Berawal dari menjalin perkenalan dengan banyak orang, Anda bisa menjadikannya rekan dalam memulai bisnis. Memperbanyak kenalan pengusaha dari berbagai golongan, akan membuka jalan pada kesuksesan bisnis Anda sendiri. Oleh karena itu jangan ragu untuk mencari kenalan sebanyak-banyaknya.  

2. Membawa kartu nama

Kartu nama adalah alat paling bagus untuk memperkenal diri dan usaha Anda. Pada saat bertemu dengan pengusaha baru jangan lupa untuk saling bertukar kartu nama. Tindakan ini nampak sepele, namun ini adalah cara efektif membangun relasi dan memperbanyak rekanan jangka panjang.

3. Bergabung Komunitas Bisnis

Membangun relasi bisnis bisa Anda lakukan dengan cara bergabung dengan banyak komunitas bisnis, baik online maupun offline. Dari perkumpulan tersebut terdapat banyak manfaat baik ilmu, informasi, dan kerjasama bisnis menguntungkan. Bertemu dengan rekan bisnis lintas bidang bisa menjadi keuntungan tersendiri untuk Anda. Selanjutnya teruslah bina hubungan baik dengan mereka.

4. Mengingat Nama

Menjalin relasi dengan mitra baru yang harus dilakukan adalah mengingat baik-baik nama mitra Anda saat berkenalan. Meminta mengulang nama mintra Anda apabila kurang jelas pada saat pertama kali disebutkan adalah tindakan bijaksana. Sehingga tidak ada salah pengucapan di percakapan selanjutnya. Memanggil nama mitra bisnis pada saat percakapan adalah suatu hal yang penting. Hal tersebut menunjukkan perhatian serius Anda membangun kerjasama jangka panjang dengannya.

5. Memberikan Perhatian

Pada saat membicarakan kerjasama bisnis dengan rekan kerja Anda, hal penting yang harus Anda lakukan adalah memberikan perhatian di setiap pembicaraan mitra bisnis. Melakukan kontak mata dan menyimak pembicaraan akan membuat mitra bisnis Anda terkesan bahwa Anda memang serius bermitra dengannya.

6. Menyimak Pembicaraan

Pembicaraan kerjasama bisnis selalu menyangkut hal-hal penting. Simaklah penawaran kerjasama bisnis, ide, ataupun pendapat mitra bisnis Anda sampai selesai. Menyela pembicaraan sebelum selesai bukanlah tindakan yang bijaksana, meskipun Anda ingin meluruskan fakta kurang tepat yang Anda dengar. Lebih bijaksana apabila Anda melakukannya setelah mitra bisnis Anda menyelesaikan pembicaraannya.  

7. Membicarakan Perihal Relevan

Saat Anda mendapatkan giliran berbicara, gunakan kesempatan ini untuk memberikan pendapat Anda mengenai usaha dan model kerjasama bisnis yang Anda inginkan. Anda juga bisa mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang cukup relevan mengenai tema yang sudah dibahas mitra kerja Anda sebelumnya. 

8. Minandaklanjuti Tawaran Bisnis

Memberikan tindak lanjut setelah pembicaraan bisnis selesai cukup penting untuk segera dilakukan. Jalin ikatan dengan mitra bisnis sebagai bentuk networking. Bentuknya bisa dengan sapaan harian yang ramah diikuti dengan pertanyaan mengenai tawaran kerjasama bisnis yang Anda tawarkan hari sebelumnya. Apabila mitra bisnis Anda meminta pertemuan lanjutan, segeralah bergerak menemuinya sesuai janji. Dengan sikap cepat dan sesuai janji, maka mitra bisnis Anda tidak akan ragu untuk menjalin kerjasama lebih lanjut dengan Anda.

9. Ramah

Senyum adalah bentuk keramahan dan keterbukaan. Oleh sebab itu jangan lupa berlatih untuk tetap menghiasi wajah Anda dengan senyuman dimana saja dan kapan saja. Anda tidak tahu kapan dan dimana bertemu dengan rekan bisnis potensial.

Sembilan tips ini adalah cara tepat bagi Anda untuk membangun, memperluas, dan menjaga networking. Selain penting untuk Anda yang sedang memulai bisnis baru, networking adalah cara terbaik menjaga kesuksesan bisnis Anda hingga masa mendatang. 



Baca juga:
Tips Usaha Bersama Teman agar Sukses dan Harmonis
Tips Sehat Saat Musim Hujan
Tips Mencegah Pencurian Mobil
Peluang Usaha Sampingan dengan Gaji Besar
Manfaat Investasi Emas yang Perlu Anda Ketahui

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment