Slide # 4

Proteksi

Kenyamanan adalah saat kita yakin akan proteksi terhadap aset dan perlindungan diri. Read More

Slide # 5

Resiko

Kemungkinan kerugian yang akan timbul di keseharian kita, bagaimana menyiasatinya Read More

Sunday 29 January 2017

5 Tips Kebebasan Finansial tanpa Utang


Menurut Robert Kiyosaki kebebasan finansial artinya seseorang tidak memiliki ketergantungan terhadap pendapatannya atau bahkan ketakutan bahwa dirinya menjadi miskin. Penyebab seseorang tergantung pada gaji bulanan adalah kebutuhan hidup yang relatif tinggi, memiliki banyak kartu kredit, dan harus membayar cicilan pembiayaan lain. Tentu saja kartu kredit, kewajiban membayar cicilan mobil, rumah, apartemen secara bersamaan membuat gaji bulanan habis dalam sehari. Hal ini akan membuat ketenangan hidup terancam. Apabila Anda sudah memiliki kebebasan finansial, otomatis hidup Anda aman, tidak takut dikejar-kejar hutang, dituntut mengikuti gaya hidup yang membutuhkan banyak biaya besar, menyebabkan Anda kerja lembur tanpa jeda karena takut miskin.

Dalam buku Rich Dad Poor Dad, Robert Kiyosaki membagikan tips cerdas bebas finansial. Buku ini dia tulis dari pengalamannya sebagai pengusaha, investor dan konsultan keuangan terkemuka. Berikut rangkuman tips kebebasan finansial yang kami susun untuk bahan perenungan.  

1. Hidup Sederhana

Tuntutan hidup semakin hari semakin tinggi karena beragam kebutuhan. Bahkan ada ragam kebutuhan yang sengaja diciptakan untuk meningkatkan sifat konsumtif. Misalkan saja kartu kredit diciptakan untuk memenuhi kebutuhan tanpa perlu membawa uang tunai. Namun kartu kredit mewabah menjadi sebuah gaya hidup yang mendukung sikap konsumtif. Begitu juga lembaga kredit tumbuh subur memudahkan seseorang membeli rumah, kendaraan dan properti lain dengan syarat mudah. Semakin mudah seseorang membeli barang dengan cara kredit, semakin seseorang tidak sadar keuangannya sedang terancam. Sehingga muncullah obsesi mendapatkan uang sebanyak-banyaknya dengan kerja keras tanpa mengenal waktu agar bisa melunasi segala macam cicilan bulanan yang harus ditanggung. Terjadilah sindrom ketakutan jatuh miskin.

Untuk menghindari ketakutan jatuh miskin dan tidak bisa memenuhi gaya hidup masa sekarang, hiduplah sederhana. Yang Anda perlukan hanya membuka pikiran dan menghilangkan keinginan memiliki segala hal demi mengejar gaya hidup. Padahal tidak semua barang perlu Anda miliki dan kekayaan bukan kebahagiaan hakiki.

2.  Stop Berhutang

Utang adalah alasan Anda tidak pernah bisa hidup tenang karena hasil kerja satu bulan bisa habis dalam sehari untuk membayar cicilan. Belum lagi saat debt-collector aktif mengejar. Abaikan tawaran kartu kredit atau pembelian barang-barang dengan cara cicilan. Butuh komitmen kuat untuk hidup tanpa utang ditengah maraknya tawaran kredit yang semakin mudah.  Mulai dari sekarang bebaskan diri Anda dari hutang.

3. Buat Anggaran Kontrol Pengeluaran

Membuat anggaran itu penting. Dengan memilah anggaran di setiap pos pengeluaran, Anda bisa memberikan batasan dalam mengelola pendapatan dan mengontrol pengeluaran. Buat catatan neraca pembukuan yang tertib.Tantangan paling besar mengatur keuangan adalah membeli sesuatu yang tidak perlu. Belajar mengendalikan pengeluaran wajib hukumnya apabila Anda ingin bebas secara finansial. Pada mulanya terasa berat namun setelah terbiasa akan terlihat dampakny pada neraca keuangan Anda.

4. Menabung

Menabung adalah anjuran bijaksana dari jaman nenek moyang yang masih sangat relevan hingga sekarang.  Lebih baik tabung sebagian pendapatan Anda daripada untuk membayar cicilan pinjaman atau kartu kredit. Tabungan juga bisa sekaligus menjadi dana darurat yang bisa Anda gunakan untuk menjalani hidup minimal selama tiga bulan.

Tabungan dana darurat bisa membuat hidup Anda tenang tanpa perlu mencari utang saat ada kejadian tidak diinginkan terjadi. Anda bisa membuat rekening baru untuk  tabungan dana darurat, terpisah dari rekening gaji, sehingga Anda bisa dengan teratur mengisi tabungan.

5. Merencanakan Keuangan

Buatlah rencana keuangan Anda dengan jelas untuk mendapatkan kebebasan secara finansial. Maksudnya, mulailah terjun ke dunia bisnis dengan membuat usaha sendiri. Pelajari dengan detail dan teliti bagaimana mendirikan perusahaan, membuat jaringan, dan pemasarannya. Cepatlah bertindak untuk mendapatkan pendapatan yang bisa Anda petik hasilnya. Hanya dengan perencanaan keuangan yang jelas dan terarah, Anda bisa memahami kemampuan diri Anda sendiri. Selain itu Anda termotivasi menjalani hidup dan bisnis Anda sesuai impian tanpa terganggu masalah finansial.

Lima tips kebebasan finansial ala Robert Kiyosaki perlu Anda adaptasi segera untuk mendapatkan ketenangan hidup. Hidup sederhana, stop berhutang,buat anggaran, kontrol pengeluaran, menabung dan merencanakan keuangan adalah faktor penting kebebasan finansial Anda. Selamat mencoba.


Baca juga:
Tips Membangun Networking agar Sukses
Tips Usaha Bersama Teman agar Sukses dan Harmonis
Tips Sehat Saat Musim Hujan
Tips Mencegah Pencurian Mobil
Peluang Usaha Sampingan dengan Gaji Besar

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment