Slide # 4

Proteksi

Kenyamanan adalah saat kita yakin akan proteksi terhadap aset dan perlindungan diri. Read More

Slide # 5

Resiko

Kemungkinan kerugian yang akan timbul di keseharian kita, bagaimana menyiasatinya Read More

Monday 30 January 2017

7 Kebiasaan Keluarga Sehat dan Sejahtera


Keluarga sehat menjadi ukuran kebahagiaan dan keharmonisan hubungan orangtua dan anak. Mengajak seluruh anggota keluarga hidup sehat membutuhkan pembiasaan sejak sekarang. Baik dalam hal pemilihan makanan dan kegiatan keluarga untuk membentuk kesehatan lahir dan batin.Berikut ini lima langkah penting yang perlu Anda lakukan bersama keluarga.  

1. Olahraga

Tubuh sehat berawal dari raga yang kuat. Olahraga adalah langkah tepat menjaga kesehatan tubuh. Namun tidak sedikit karena aktivitas kerja orangtua yang padat kebutuhan olahraga ini sering terlewatkan.Olahraga bersama anggota keluarga setiap minggu pagi bisa menjadi sarana mempererat hubungan orangtua dan anak. Jadwalkan acara jalan-jalan pagi bersama di taman dekat perumahan. Sesekali olahraga di halaman rumah sambil menyetel musik favorit anak-anak.  Membiasakan olahraga bersama bisa dilakukan 20 menit setiap hari atau minimal seminggu sekali. Tujuannya selain menyehatkan juga mempererat hubungan keluarga. Jadikan aktivitas ini menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga.

2. Masakan Sehat  

Memasak makanan sendiri adalah cara bijak menjaga asupan makanan sehat untuk anggota keluarga. Berilah kebebasan anggota keluarga memilih menu camilan dan makanan yang mereka inginkan dan Anda sebagai koki peramu makanan sehat keluarga. Ketika anak-anak ikut terlibat dalam pemilihan menu makanan dan ikut membantu mengolah, mereka akan bersedia memakan hasil pilihan dan olahan yang Anda masak bersama mereka.

Pada saat diskusi menu bersama anak, sedikit demi sedikit terangkan mengenai jenis-jenis makanan sehat, pentingnya sayuran dan buah-buahan daripada produk siap saji. Diskusi menu bersama keluarga merupakan kebersamaan tersendiri untuk mempererat hubungan orangtua dan anak.  Hal ini juga bisa membuat anak-anak mulai menyaring makanan sehat dan kurang sehat pada saat dihadapkan pada jenis-jenis makanan saat di sekolah atau saat diluar rumah.

3. Ibadah Bersama

Menjaga kesehatan rohani antar anggota keluarga sama pentingnya dengan kesehatan jasmani. Untuk memenuhi kesehatan rohaniah ini, biasakanlah beribadah bersama keluarga setiap hari. Ibadah disini artinya mempelajari ajaran agama sebagai dasar dan pegangan hidup keluarga. Tidak dapat dipungkiri, perkembangan jaman di era modern lebih mendewakan harta dan posisi tinggi dalam masyarakat. Hal tersebut menimbulkan stress tingkat tinggi apabila tidak bisa mencapai tujuan kesuksesan dunia yang diinginkan. Oleh sebab itu pemahaman agama menjadi benteng utama dalam diri masing-masing individu. Dan dalam keluargalah kewajiban menanamkan pentingnya ibadah untuk menyehatkan kalbu.

4. Dongeng Sebelum Tidur

Membacakan dongeng sebelum tidur pada anak adalah momen yang sangat penting. Sebab hal ini bisa menjadikan anak rileks  dan aman mendengarkan dongeng yang dibacakan orangtuanya. Kualitas tidur anak yang dibacakan dongeng sebelum tidur cukup bagus. Dengan kualitas tidur yang baik untuk anak berpengaruh pada kesehatan tubuh anak. Selain itu dapat juga mengurangi tidur tidak nyenyak dan rewel pada anak.

5. Rekreasi                          

Manfaatkan hari libur dengan rekreasi bersama keluarga. Apabila Anda memiliki anggaran yang cukup, rekreasi bisa dipilih ke tempat-tempat wisata luar kota. Sebaiknya pilihlah tempat rekreasi yang juga memiliki nilai sejarah dan seni, seperti; Borobudur, Lawang Sewu, Museum Rotherdam, Gong Perdamaian.  Sehingga dalam perjalanan Anda bisa berdiskusi bersama anak-anak dan menambah kecintaan pada sejarah, seni, dan budaya. Apabila keluarga Anda menyukai tantangan dan aktivitas tinggi, ajaknya rekreasi ke gunung sambil melakukan aktivitas yang menguji adrenalin, seperti; panjat tebing, arung jeram, paralayang. Atau bisa juga ajak keluarga rekreasi ke pantai dan kenalkan kegiatan snorkeling, surfing, atau mendayung.

Rekreasi tidak perlu mahal hingga keluar negeri. Di dalam kota sendiri pun rekreasi bisa dilakukan untuk menghemat anggaran. Wisata museum, wisata candi, atau sekedar mengantarkan anak-anak ke alun-alun kota menikmati permainan di taman pun juga bisa menjadi sarana rekreasi menyenangkan. Yang terpenting saat rekreasi adalah kualitas kebersamaan keluarga. Silaturahim ke rumah keluarga juga menjadi kegiatan rekreasi sederhana namun bermanfaat mempererat hubungan keluarga besar.  

Satu hal yang perlu diingat saat rekreasi adalah ajaklah makan bersama dulu di rumah sebelum berangkat. Pada saat keluar rumah dalam keadaan perut kenyang, Anda dan keluarga tidak akan kelaparan di jalan. Sebab lapar bisa memicu hormon ghrelin yang menyebabkan makan berlebihan saat tiba di tempat tujuan. Resiko obesitas pun mengancam. Apabila Anda dan keluarga dalam perjalanan jauh bawalah camilan kacang almond untuk dikonsumsi di kendaraan untuk mengganjal perut. Almond merupakan konsumsi sehat mengurangi resiko penumpukan kolesterol dan obesitas.

Lima hal tersebut di atas adalah cara menjaga kesehatan keluarga dengan langkah cerdas. Lakukan pembiasaan olahraga, asupan makanan sehat, ibadah bersama, dongeng sebelum tidur, dan rekreasi bersama anggota keluarga. Selain menyehatkan tubuh secara jasmani, lima hal diatas meningkatkan standar kebahagiaan dan keharmonisan hubungan masing-masing anggota keluarga.


Baca juga:
Tips Kebebasan Finansial Tanpa Utang
Tips Membangun Networking agar Sukses
Tips Usaha Bersama Teman agar Sukses dan Harmonis
Tips Sehat Saat Musim Hujan
Tips Mencegah Pencurian Mobil

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment