Slide # 4

Proteksi

Kenyamanan adalah saat kita yakin akan proteksi terhadap aset dan perlindungan diri. Read More

Slide # 5

Resiko

Kemungkinan kerugian yang akan timbul di keseharian kita, bagaimana menyiasatinya Read More

Sunday 22 January 2017

Asuransi atau Investasi - Mana yang Lebih Penting?


Menurut perencanaan keuangan yang ideal, setiap orang harus memiliki asuransi dan investasi. Asuransi berguna untuk melindungi diri dan keluarga Anda dari risiko kerugian finansial yang tak terduga. Sedangkan investasi adalah kebutuhan masa depan untuk menjaga daya beli agar tidak tergilas inflasi. Jadi baik asuransi maupun investasi sama pentingnya.
Namun apabila memiliki penghasilan terbatas setiap bulan, Anda perlu memiliki strategi khusus memilih manakah yang perlu dimiliki terlebih dahulu; asuransi atau investasi.

Asuransi adalah Perlindungan

Asuransi adalah proteksi dari risiko yang bisa mengancam keuangan Anda. Misalkan saja asuransi kesehatan akan memberikan ganti finansial biaya tanggungan rumah sakit dan obat. Asuransi jiwa akan melindungi risiko finansial terhadap keluarga yang ditinggalkan oleh pemegang asuransi. Asuransi kendaraan akan menggantikan biaya bengkel atas kasus kecelakaan atau ganti rugi kendaraan yang hilang karena kasus pencurian. Asuransi kebakaran akan mengganti kerugian finansial apabila rumah atau properti rusak akibat terbakar.

Investasi adalah Menanam Modal

Investasi adalah menanam modal di sebuah perusahaan dengan tujuan untuk mendapat keuntungan di masa mendatang. Jadi investasi dalam perencanaan keuangan diibaratkan sebuah tabungan jangka waktu panjang, namun terkandung sebuah risiko besar di dalamnya. Perbedaan mendasar tabungan dan investasi adalah pada unsur risiko. Apabila Anda menabung tentunya uang Anda aman, meskipun berbunga tapi hasil bunga bank sangat kecil dan tidak berpengaruh pada pendapatan bulanan Anda. Sebaliknya, investasi bisa menghasilkan keuntungan berlipat ganda dari uang yang Anda tanam. Tetapi pertumbuhan uang tersebut memiliki risiko besar juga untuk menyusut atau bahkan hilang.  

Investasi memiliki risiko tinggi. Namun hasil keuntungan investasi yang besar untuk menambah pendapatan sangat dianjurkan untuk perencanaan keuangan dana pendidikan dan dana pensiun. Untuk mulai berinvestasi, Anda perlu memiliki pengetahuan yang cukup agar memahami segala risiko dan tahu bagaimana mengatasinya.

Mana yang lebih prioritas?

Untuk Anda yang bekerja di sebuah perusahaan, biasanya Anda  mendapat fasilitas asuransi kesehatan untuk perlindungan diri dan keluarga Anda. Bagaimana bila Anda adalah pekerja lepas atau wiraswastawan? Tentunya fasilitas asuransi kesehatan perlu Anda miliki untuk menjaga dari kemungkinan sakit dan biaya berobat.

Bagi Anda yang penghasilannya terbatas, maka pergunakanlah sebagian pendapatan Anda untuk membeli asuransi daripada untuk investasi. Sebab investasi yang baru dijalankan cenderung masih minim dan belum mampu memenuhi kebutuhan finansial keluarga. Tentunya hasil investasi tidak akan membantu banyak apabila terjadi risiko kerja mendadak semacam kecelakaan. Sambil mencari cara meningkatkan hasil pendapatan Anda dengan pekerjaan sampingan, Anda bisa mulai memikirkan investasi apa yang cocok untuk Anda. Apabila keadaan finansial Anda mulai berlipat, maka Anda bisa mulai menanam investasi pada perusahaan melalui reksadana.

Tips Memilih Asuransi

Memahami betapa pentingnya asuransi, maka segera daftarkan diri Anda dan keluarga dalam sebuah asuransi.

1. Asuransi yang wajib Anda miliki untuk perlindungan sehari-hari adalah asuransi kesehatan, asuransi jiwa dan asuransi jaminan hari tua. Minimal pilih salah satu diantara ketiganya. Asuransi tersebut memberikan jaminan finansial pada saat Anda sakit, saat pensiun dan saat meninggal.
2. Pilih produk asuransi di perusahaan yang telah memiliki kredibilitas bagus. Untuk mengetahui mana yang paling bagus, tentunya Anda perlu membuat perbandingan antara satu asuransi dengan asuransi lain.  intinya adalah cari informasi sebanyak mungkin untuk mendapatkan pilihan asuransi terbaik yang Anda butuhkan.
3. Segera daftar asuransi sekarang juga sebelum Anda benar-benar membutuhkannya. Hal ini menghindari kesalahan pilihan jenis asuransi apabila Anda mulai mengurus Asuransi pada saat sedang benar-benar membutuhkan. Misalkan untuk biaya berobat keluarga dan harus membutuhkan keringanan pembiayaan. Jadi jangan tergesa-gesa waktu memilih produk asuransi. Sebab ketergesaan menimbulkan salah pilihan dan penyesalan di kemudian hari.
4. Perhatikan baik-baik persyaratan dan ketentuan yang diberlakukan oleh perusahaan asuransi. Termasuk rincian polis dan peristiwa yang ditanggung oleh pihak asuransi. Prosedur pengajuan klaim juga harus Anda pelajari benar agar tidak terjadi kesalahpahaman di kemudian hari. Apabila ada yang kurang Anda pahami tanyakan kepada agen asuransi yang menangani Anda atau konsultasi kepada orang-orang yang paham dengan asuransi.
5. Pastikan premi asuransi yang Anda bayarkan sesuai dengan kemampuan finansial Anda. sehingga Anda tidak terbebani dengan pembayaran tersebut.   

Asuransi dan investasi sama-sama penting Anda miliki untuk perlindungan dan tambahan pendapatan Anda. Namun apabila penghasilan bulanan Anda hanya cukup untuk memilih satu diantara dua pilihan, maka pilihkan asuransi untuk perlindungan diri dan keluarga Anda. Demikian artikel kami. Semoga bermanfaat bagi Anda.


Baca juga:
Cara Memilih Asuransi Mobil yang Tepercaya
Tips Merawat Mobil yang Jarang Digunakan
Tips Mencegah Penyakit Jantung Sejak Muda

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment