Slide # 4

Proteksi

Kenyamanan adalah saat kita yakin akan proteksi terhadap aset dan perlindungan diri. Read More

Slide # 5

Resiko

Kemungkinan kerugian yang akan timbul di keseharian kita, bagaimana menyiasatinya Read More

Monday 23 January 2017

4 Manfaat Investasi Emas yang Perlu Anda Ketahui


Investasi adalah aktivitas menanam aset untuk mendapatkan keuntungan di masa depan. Jenis investasi yang ditawarkan perusahaan jasa keuangan. Mulai dari reksadana, saham, foreks, hingga emas adalah cara mengembangkan uang yang Anda miliki.  Namun dalam berinvestasi ada risiko kerugian karena unsur permainan spekulasi.

Salah satu jenis investasi yang tidak mengandung risiko tinggi adalah investasi emas. Hal ini membuat banyak orang mulai melirik emas sebagai investasi mereka. Bagi Anda yang tertarik untuk mencobanya, berikut ini kami ulas keuntungan investasi emas.

1. Kebal Inflasi

Emas atau logam mulia adalah alternatif investasi yang aman tanpa risiko untuk menjaga aset yang Anda miliki. Harga jualnya relatif meningkat dan yang paling penting adalah emas tidak terpengaruh inflasi seperti yang terjadi pada uang kertas. Semakin tinggi kenaikan inflasi, maka semakin mahal pula nilai emas.  Oleh karena itu investasi emas dikatakan sebagai sarana investasi tahan inflasi. Pada saat kondisi perekonomian negara sedang bergejolak karena imbas perang atau pertarungan politik, maka emas menjadi perlindungan aman dari gejolak moneter yang tidak pasti.     

2. Likuiditas Tinggi

Emas termasuk salah satau logam mulia yang cukup mahal. Oleh sebab itu masyarakat menjadikannya sarana simpanan dan investasi jangka panjang yang bisa dijual sewaktu-waktu. Artinya, emas mudah dijual kembali saat Anda membutuhkan dana mendesak.

Harga emas tergantung pada jumlah permintaan dan penawaran dunia. Oleh karena itu harga jual dan beli emas selalu diumumkan setiap hari. Kondisi perekonomian suatu negara juga mempengaruhi perubahan harga emas. Di Indonesia, pergerakan harga emas erat hubungannya dengan nilai tukar dolar Amerika Serikat. Apabila dolar naik terhadap rupiah maka harga emas juga ikut naik. Harga emas dunia dinyatakan dalam satuan dolar AS berdasarkan pasar emas dunia yang berpusat di London Metal Exchange.

3. Banyak Ragam Emas yang Dijual

Berdasarkan standar internasional, kadar emas dinilai dalam satuan karat. Karena hal itu juga berhubungan dengan adanya kandungan logam lain yang dicampurkan. Oleh sebab itu  Anda harus menyakan mengenai kandungan dan kadar karat dalam emas yang Anda beli sekaligus sertifikat keasliannya. Terdapat banyak pilihan berat emas dari 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram hingga 1 kilogram.

4. Banyak Cara Investasi Emas

Ada beberapa cara berinvestasi emas. Cara paling mudah adalah mMembeli emas secara fisik langsung di toko emas berupa perhiasaan. Kemudian simpan di tempat yang aman baik di brankas rumah ataupun deposit box di bank. Ini adalah cara pembelian dan penyimpanan emas paling tradisional dan aman.
Membeli emas dengan sistem gadai syariah. Anda membeli emas kemudian dibawa ke bank syariah dengan sistem gadai. Dengan menggunakan sistem syariah, cara ini cukup bagus dan tidak mengeluarkan banyak biaya. Setiap bulan Anda hanya dikenakan biaya penyimpanan emas yang besarnya satu persen per bulan.

Semakin berkembangnya gaya hidup, investasi emas banyak dilakukan dengan memanfaatkan lembaga keuangan tepercaya seperti bank, pegadaian, dan lembaga keuangan mitra bank. Sudah cukup banyak bank yang menyediakan tabungan emas dan fasilitas penyimpanan emas safe deposit box. Saat melakukan tabungan emas, Anda akan mendapatkan bukti kepemilikan emas dengan bentuk emas fisik yang disimpan di suatu vendor mitra kerja bank. Dalam hal ini, berat minimum emas yang bisa diinvestasikan adalah 10 gram dan kelipatannya.

Demikian ulasan kami tentang investasi emas yang bisa menjadi alternatif pilihan yang aman untuk berinvestasi. Solusi investasi emas ini bisa Anda manfaatkan di masa depan sebagai persiapan biaya pendidikan anak, keperluan haji dan umroh, dan modal usaha dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat bagi Anda. 


Baca juga:
Asuransi atau Investasi - Mana yang Lebih Penting?
Cara Memilih Asuransi Mobil yang Tepercaya
Tips Merawat Mobil yang Jarang Dipakai

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment