Slide # 4

Proteksi

Kenyamanan adalah saat kita yakin akan proteksi terhadap aset dan perlindungan diri. Read More

Slide # 5

Resiko

Kemungkinan kerugian yang akan timbul di keseharian kita, bagaimana menyiasatinya Read More

Friday 20 January 2017

Cara Memilih Asuransi Mobil yang Tepercaya


Ketika membeli kendaraan baru secara kredit pihak bank atau leasing otomatis memberikan perlindungan asuransi pada kendaraan atas risiko-risiko yang tidak diinginkan selama proses cicilan. Anda bisa menggunakan asuransi yang ditawarkan pihak dealer atau memilih asuransi kendaraan yang Anda percaya. Bagaimana cara memilih asuransi kendaraan yang bisa dipercaya. Kami akan berikan tips khusus untuk Anda.

1. Perlindungan Penuh

Dalam memilih asuransi kendaraan, Anda mungkin ingin sebuah asuransi yang biayanya terjangkau sekaligus menawarkan layanan lengkap, klaim cepat, dan banyak pilihan  bengkel rekanan. Namun besaran asuransi kendaraan secara umum ditentukan oleh beberapa faktor. Yaitu, jenis jaminan yang dipilih, apakah jenis All Risk atau Total Loss Only (TLO).

All Risk adalah perlindungan yang mencakup semua kejadian kerusakan. Sedangkan TLO adalah perlindungan untuk kehilangan saja, tidak berlaku untuk kerusakan ringan.  Dalam perkembangannya, asuransi kendaraan menyediakan layanan tanggung jwab hukum terhadap pihak ketiga dan penumpang, terjadi bencana alam, dan huru hara.

Jadi untuk memilih asuransi yang bisa dipercaya adalah dengan mencar iketerangan lengkap tentang tawaran asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.  

2. Pelayanan Bagus

Tarif premi yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membuat biaya asuransi antara perusahaan satu dengan lainnya relatif sama. Alhasil, perusahaan asuransi terdorong untuk bersaing dalam hal pelayanan. Pelayanan memuaskan adalah syarat penting bagi klien untuk terus menggunakan jasa asuransi di perusahaan tersebut ataukah tidak.

Sebagai pelanggan tentunya Anda lebih nyaman memilih perusahaan asuransi yang memiliki pelayanan bagus. Pelayanan disini menyangkut customer service dan agen asuransi yang ramah, mudah dihubungi, dan memberikan konsultasi tentang produk-produk yang  ditawarkan. Apalagi bila Anda adalah pelanggan yang telah bertahun-tahun menggunakan produk asuransi.  

3. Proses Klaim Mudah

Perusahaan asuransi yang paling bagus dan bisa dipercaya adalah perusahaan yang melayani pencairan klaim pelanggan dengan cepat dan tidak berbelit. Dengan proses klaim yang mudah, Anda sebagai pelanggan tentu merasa aman. Apalagi pihak pelanggan yang sedang melakukan proses klaim pada dasarnya sedang berada dalam kesulitan finansial yang berat, dukungan dari pihak asuransi berupa pencairan klaim yang cepat adalah harapan setiap pelanggan.  

Sebagai nasabah pemegang polis asuransi, Anda wajib memahami syarat pencairan klaim agar tidak terjadi kesulitan waktu proses pengajuan klaim. Beda perusahaan asuransi maka aturan klaim berbeda pula. Untuk itu, pelajari baik-baik sebelum melakukan proses pengajuan klaim.

Pada saat mengalami kerusakan ringan, dokumen yang harus Anda siapkan adalah; mengisi Laporan Kecelakaan Kendaraan Bermotor (LKKB), fotokopi polis, fotokopi STNK kendaraan, fotokopi SIM pengemudi, dan fotokopi KTP tertanggung. Untuk kendaraan yang hilang karena pencurian maka dokumen yang harus ditambahkan adalah surat keterangan dari polisi.

Untuk proses pengajuan klaim kerusakan total dan kehilangan, maka dokumen yang harus dilengkapi adalah; Laporan Kecelakaan Kendaraan Bermotor (LKKB), polis asli dan bukti pembayaran premi, STNK asli, BPKP asli, faktur kendaraan, surat keterangan dari kepolisian, fotokopi SIM pengemudi, fotokopi KTP tertanggung, kunci kontak kendaraan, surat subrogasi, surat blokir, dan surat pernyataan tidak memiliki asuransi lain.

Untuk kemudahan Anda mengurus proses klaim, maka dokumen-dokumen diatas harus dilengkapi.

4. Bengkel Rekanan Banyak

Setiap perusahaan asuransi kendaraan selalu bekerjasama dengan bengkel rekanan. Perusahaan asuransi yang memiliki banyak pilihan bengkel rekanan tentunya akan memudahkan nasabah untuk melakukan proses perbaikan tanpa dipusingkan dengan letak bengkel yang tidak terjangkau tempatnya atau bahkan pelayanannya kurang memuaskan.

Apabila asuransi yang Anda pakai memiliki cukup banyak rekanan bengkel, hal ini sangat menguntungkan Anda sebagai nasabah. Jadi tidak perlu menunggu lama untuk mendaftarkan kendaraan Anda pada perusahaan asuransi yang tepat dan tepercaya.

Demikian cara memilih perusahaan asuransi yang bagus dan tepercaya. Dengan pelayanan bagus, memberikan perlindungan dan jaminan penuh, banyak memiliki bengkel rekanan, dan proses klaim cepat adalah perusahaan asuransi idaman nasabah.   


Baca juga:
Tips Merawat Mobil yang jarang Digunakan
Tips Menghindari Kebakaran Rumah agar Aman
Asuransi Rumah dan Perlindungan Aset 

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment