Slide # 4

Proteksi

Kenyamanan adalah saat kita yakin akan proteksi terhadap aset dan perlindungan diri. Read More

Slide # 5

Resiko

Kemungkinan kerugian yang akan timbul di keseharian kita, bagaimana menyiasatinya Read More

Thursday 19 January 2017

Tips Merawat Mobil yang Jarang Digunakan


Mobilitas tidak terlalu tinggi atau kemacetan pasti membuat Anda memilih menggunakan transportasi umum untuk berangkat bekerja. Bisa jadi Anda mendapatkan fasilitas mobil kantor untuk aktivitas kerja sehingga mobil pribadi lebih banyak berdiam di garasi. Wajib Anda ketahui bahwa mobil yang jarang digunakan perlu mendapatkan perawatan. Minimal mesin mobil harus dipanaskan setiap hari agar tetap dalam kondisi prima sewaktu Anda pakai. Berikut ini cara merawat mobil yang jarang digunakan agar tidak telantar.

1. Pastikan Kebersihan Interior Eksterior

Jangan tinggalkan mobil Anda dalam keadaan kotor berdebu apalagi lumpur masih menempel di body mobil. Apabila mobil dibiarkan dalam keadaan kotor dalam waktu lama, bisa menimbulkan korosi.

Bagian dalam mobil juga perlu Anda bersihkan dari sampah dan remah makanan. Vakum hingga bersih agar sisa-sisa makanan tidak meninggalkan bau yang tidak sedap dalam mobil.  Setelah mobil dalam keadaan bersih, tutuplah mobil dengan selimut khusus untuk mencegah cat body mobil rusak karena cuaca. Utamanya bila Anda memarkir mobil di  halaman terbuka.

Bagian ban mobil dan wiper juga harus Anda perhatikan baik-baik apabila mobil tidak Anda gunakan dalam waktu yang lama. Ban mobil akan cepat kempis, velg juga cepat berkarat karena faktor cuaca dan kotoran yang terselip dan tidak bisa dibersihkan. Selain itu, wiper atau pembersih kaca mobil juga bisa mengeras bila jarang dipakai. Untuk mengakalinya, ganjal wiper menggunakan busa agar tidak menempel langsung pada kaca.

Periksalah bilah wiper sebelum Anda gunakan kembali. Jika terjadi retakan segera ganti agar tidak menimbulkan goresan berat pada kaca depan mobil.  Sangat disarankan memanaskan mesin dan menyalakan wiper mobil Anda setiap hari sekitar 15 menit. Sehingga mobil tetap terawat dan awet.

2. Cek Oli Mesin

Perhatikan Oli mesin, utamanya saat Anda tinggalkan cukup lama. Pastikan oli mesin  masih banyak sehingga kondisi mesin juga terawat dan awet. Oli dan filter harus diganti sesuai dengan petunjuk manual perawatan mobil. Mengacu pada panduan manual tersebut, oli dan filter harus diganti setiap 6.400 km apabila menggunakan oli mesin konvensional. Apabila menggunakan oli mesin sintetis gantilah setiap 9.600 km.

Selain oli mesin, Anda perlu memeriksa oli rem, power steering, dan transmisi. Semua cairan tersebut berperan penting dalam kinerja dan keawetan mobil Anda.

3. Penuhi Bahan Bakar

Pastikan tangki bahan bakar terisi penuh apabila Anda meninggalkan mobil cukup lama. Hal ini penting agar tidak tersisa ruang udara di dalam tangki bahan bakar yang bisa menimbulkan efek kondensasi saat kondisi dingin di malam hari. Embun yang terjadi saat dingin tersebut akan mencair pada siang hari dan bercampur dengan bahan bakar. Tentu saja hal ini akan menurunkan kualitas bahan bakar dalam tangki. Apabila terjadi terus menerus dalam waktu lama akan mengganggu kinerja mobil Anda.   

4. Pastikan Listrik Aman

Lepaskan kabel aku atau kepala aki untuk mengurangi risiko aki rusak dan kehilangan daya. Pada saat mencabut aki, terlebih dahulu lepaskan kabel negatif. Selanjutnya baru lepaskan kabel positif. Sebaliknya pada saat memasang aki, dahulukan memasang kabel positif baru memasang kabel negatif.

5. Parkir di Tempat Datar

Saat memarkir mobil dalam jangka waktu lama, jangan menggunakan rem tangan. Penggunaan rem tangan dalam waktu lama bisa membuat kampas rem lengket dan per rem merenggang cukup lama sehingga elastisitasnya berkurang. Usahakan parkis mobil Anda di tempat yang datar. Apabila carport Anda miring, maka bisa disiasati dengan mengganjal ban mobil dengan batu agar aman.

Demikian cara merawat mobil yang jarang digunakan agar tetap awet dan aman saat Anda gunakan. Pastikan saja kebersihan interior dan eksterior mobil, periksa oli mesin, cabut aki mobil, dan parkirlah di tempat datar. Dengan melakukan langkah tersebut, mobil Anda tetap siap digunakan kapan saja.  


Baca juga:
Tips Mencegah Penyakit Jantung
Tips Menghindari Kebakaran di Rumah
Perlindungan Usaha atas Risiko Kerja

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment