Slide # 4

Proteksi

Kenyamanan adalah saat kita yakin akan proteksi terhadap aset dan perlindungan diri. Read More

Slide # 5

Resiko

Kemungkinan kerugian yang akan timbul di keseharian kita, bagaimana menyiasatinya Read More

Thursday 19 January 2017

Tips Mencegah Penyakit Jantung sejak Muda


Penyakit jantung cukup menakutkan bagi sebagian besar  masyarakat. Serangan jantung tidak hanya menyerang di usia tua namun juga bisa datang saat masih muda. Oleh sebab itu lakukanlah pencegahan dari penyakit jantung dengan lima cara berikut.

1. Olahraga Teratur

Olahraga teratur akan membuat denyut jantung lebih cepat dan melancarkan peredaran darah. Oksigen dalam darah pun bisa terdistribusikan secara merata di seluruh tubuh. Jumlah kolesterol baik (HDL) akan meningkat, sebaliknya kolesterol jenuh penyebab penumpukan lemak (LDL) menurun. Rutin berolahraga membakar lemak dan menurutkan berat badan.

Anda cukup melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, senam pernapasan, berenang, jogging, atau tennis minimal seminggu dua kali selama 20 hingga 30 menit. Olahraga pagi di bawah sinar matahari lebih efektif dan menyehatkan. Sinar matahari pagi pukul enam hingga delapan mengandung sinar infra merah yang bagus untuk mencegah kerapuhan tulang sekaligus membakar lemak.    

2. Pola Makan Sehat

Untuk mencegah penyakit jantung dan menguatkan jantung, asuplah makanan yang kaya serat dan omega 3. Makanan tinggi serat bisa didapatkan pada sayur dan buah-buahan. Omega tiga bisa didapatkan pada ikan laut, minyak ikan, telur. Mengkonsumsi biji-bijian dan kacang seperti kedelai, kacang almond dan makanan turunannya juga baik untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu konsumsi yoghurt untuk menyeimbangkan kadar kolesterol dalam darah.

Makanan yang tidak baik untuk kesehatan jantung adalah makanan berlemak seperti daging merah, daging unggas, gorengan dan makanan cepat saji. Soft drink atau minuman berkarbonasi juga sebaiknya dikurangi. Selain itu, Anda juga perlu mengurangi makanan yang terlalu manis dan terlalu asin.  

3. Tidur Teratur

Tidur cukup dan berkualitas adalah kunci hidup sehat dan terhindar dari penyakit jantung. Dalam sehari manusia rata-rata perlu istirahat 5-7 jam untuk memulihkan tenaga dan pikiran dari kepenatan kerja. Lama waktu tidur tergantung kebiasaan masing-masing individu.  Memforsir diri untuk melakukan pekerjaan sampai diluar batas kemampuan hanya akan membawa Anda pada penurunan konsentrasi dan ketegangan pikiran. Hal ini bisa membuat pikiran tidak tenang bahkan stress karena target yang harusnya Anda capai jauh dari harapan.

Lakukan tidur yang berkualitas dengan cara mematikan lampu. Tubuh Anda otomatis akan rileks dan memperbaiki sel-sel yang tegang pada saat Anda tidur. Ciri tidur Anda berkualitas adalah pada saat bangun pagi, tubuh Anda merasa segar.  

4. Kelola Stress

Pandai mengelola stress adalah salah satu cara menghindari penyakit jantung. Stress meningkatkan kadar hormon epinefrin yang merangkan naiknya tekanan darah dan denyut jantung yang tidak terkontrol. Keadaan ini bisa merusak dinding pembuluh darah dan membahayakan jiwa. Stress karena tekanan pekerjaan maupun keluarga merupakan penyakit yang berawal dari pikiran yang bisa menyebabkan beragam sakit.

Cara mengelola stress adalah dengan melakukan relaksasi jiwa secara berkala. Apabila Anda memiliki pekerjaan yang cukup menekan dengan target yang harus tercapai, tentunya membuat  otot pikiran Anda selalu waspada dan tegang. Ambillah cuti setidaknya setahun sekali dan kembali berkumpul bersama keluarga untuk rekreasi bersama. Berada di tengah keluarga dan orang-orang yang Anda cintai adalah salah satu cara mengurangi ketegangan jiwa dan pikiran Anda.

Apabila Anda memasuki masa pensiun, tentunya Anda akan merasa perubahan besar dari seorang pekerja mendadak tidak bekerja. Kembalilah aktif melakukan kegiatan sosial di tengah masyarakat. Tetap berdayaguna di tengah masyarakat memberikan kepuasan dan kebahagiaan Anda dan dapat menurunkan tingkat stress pasca pensiun.

5. Hindari Rokok dan Alkohol

Rokok dan minuman beralkohol adalah musuh terbesar bagi tubuh. Tidak hanya jantung yang terkena imbas racun yang terkandung dalam rokok dan alkohol. Namun juga ginjal, hati, paru-paru berisiko mengalami radang hingga kanker. Menghindari rokok dan alkohol adalah wajib hukumnya bagi Anda yang ingin tetap sehat.  

Lima tips mencegah penyakit jantung diatas wajib Anda laksanakan apabila ingin sehat hingga usia tua. Menerapkan olahraga rutin, mengkonsumsi makanan sehat, mengelola stress, pola tidur teratur, dan menghindari rokok serta alkohol bisa menjauhkan Anda dari datangnya penyakit jantung yang tiba-tiba. Salam sehat dan bahagia sepanjang usia. 


Baca juga:
Tips Menghindari Kebakaran di Rumah
Tips Memulai Usaha Jasa Pengiriman
Perlindungan Usaha atas Risiko Kerja

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment