Slide # 4

Proteksi

Kenyamanan adalah saat kita yakin akan proteksi terhadap aset dan perlindungan diri. Read More

Slide # 5

Resiko

Kemungkinan kerugian yang akan timbul di keseharian kita, bagaimana menyiasatinya Read More

Wednesday 25 January 2017

8 Cara Mencegah Pencurian Mobil


Modus pencurian mobil makin beragam di era modern kini. Yang paling sering adalah melakukan penukaran nomor plat kendaraan target di tempat parkir umum. Ada juga akal pelaku pencuri mobil dengan cara mengacaukan remote mobil dengan radio jamming atau alat khusus yang dipegang pelaku kejahatan sehingga alarm tidak berbunyi saat pintu dibuka paksa. Sebagai pemilik kendaraan, Anda harus menyiapkan penanganan ekstra untuk perlindungan aset bergerak Anda.

1. Pasang Alarm

Untuk perlindungan umum, setiap mobil memiliki alarm khusus bawaan dari pabrikan. Alarm ini sangat sensitif dan berbunyi apabila ada orang yang berusaha membuka paksa pintu mobil. Pilihlah mobil yang sudah dilengkapi alarm instalasi tertutup dan tersembunyi agar aman dari jarahan penjahat.

Saat keluar mobil, pastikan bahwa pintu dan jendela mobil tertutup rapat. Sebab alarm tidak akan berfungsi apabila masih ada pintu atau jendela mobil yang  tidak tertutup rapat.  Tentu saja mobil Anda akan menjadi mangsa empuk penjahat.

2. Pasang Kunci Setir

Untuk perlindungan yang lebih baik, tambahkan kunci setir pada mobil Anda. Alat ini berbentuk tongkat dan dipasang melintang pada setir atau roda kemudi. Hal ini akan membuat setir tidak bisa bergerak, kecuali apabila kunci dilepas. Dengan tambahan kunci setir, orang yang berniat berbuat jahat tentu akan berpikir dua kali untuk mengutak-atik kunci setir karena risiko ketahuan lebih tinggi.

3. Pasang Kunci Rahasia

Teknik penemuan perangkat anti maling sekarang sudah banyak beredar. Salah satunya adalah kunci rahasia yang bisa membuat mesin mobil mati tiba-tiba setiap kali pencuri memasukkan persneling karena kunci yang dipasangkan tidak sama dengan kode unik mobil. Ini merupakan sistem keamanan terbaru dan terampuh yang bisa Anda coba untuk perlindungan mobil dari kejahatan.  

4. Immobilizer

Immobilizer adalah kunci roda yang dikaitkan pada velg dan membuat roda mobil tidak bisa berputar. Dalam immobilizer terpasang sensor yang dihubungkan pada kunci. Mesin mobil hanya akan hidup apabila kunci yang dipakai memiliki sensor yang sama. Sehingga perangkat ini aman untuk Anda pakai menangkal tindakan pencurian.

5. Pasang GPS

Pasanglah alat pelacak keberadaan obil secara online dan terhubung dengan GPS perangkat smartphone Anda. Jadi apabila mobil Anda telanjur hilang dibawa pencuri, Anda bisa mengetahui keberadaan mobil Anda melalui perangkat smartphone secara real time. Ada juga teknologi terbaru yang memungkinkan pemilik kendaraan mematikan mesin mobil secara otomatis hanya menggunakan smartphone saja.

6. Ganti Perangkat Pengaman

Apabila Anda membeli mobil bekas, Anda perlu mengganti perangkat keamanan mobil tersebut. Termasuk kunci setir, kunci pedal, atau kunci rahasia yang ada. Ini bukan mengajarkan Anda berpikir buruk tentang pemilik lama akan membobol mobil yang baru dijual. Namun ini hanya sebagai bentuk antisipasi. Sebab yang namanya pengaman mobil pribadi tentunya hanya bisa diketahui oleh Anda dan keluarga Anda saja.

7. Cari Tempat Parkir Aman

Apabila Anda menitipkan mobil pada tempat parkir umum karena tidak memiliki garasi pribadi, maka sebaiknya carilah tempat parkir yang benar-benar aman. Jangan tergiur dengan iming-iming biaya murah apabila petugas keamanannya kurang profesional. Pilihkan tempat parkir yang memiliki fasilitas keamanan lengkap petugas keamanan yang siaga serta ada kamera pengawasnya.

8. Bawa Tas dan Surat Penting

Beberapa pemilik kendaraan sering kali ada yang memiliki sifat pelupa karena tergesa-gesa. Barang-barang berharga termasuk STNK dan karcis parkir harus Anda bawa saat keluar mobil. Sebab apabila ada barang penting tertinggal di mobil bisa menyebabkan tindak kejahatan datang.  


Demikian delapan cara mencegah terjadinya pencurian pada mobil Anda. Sebagai aset bergerak yang cukup penting, mobil harus diberikan kunci rangkap agar aman. Selain itu, Anda juga perlu memarkir mobil di tempat yang aman. Dengan begitu, tindakan jahat bisa diminimalkan. 

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment