Slide # 4

Proteksi

Kenyamanan adalah saat kita yakin akan proteksi terhadap aset dan perlindungan diri. Read More

Slide # 5

Resiko

Kemungkinan kerugian yang akan timbul di keseharian kita, bagaimana menyiasatinya Read More

Thursday 26 January 2017

7 Tips Sehat Saat Musim Hujan


Saat musim penghujan, tubuh jadi lebih rentan terkena penyakit. Cuaca dingin dan minim sinar matahari menyebabkan keadaan lingkungan lembab. Kondisi lembab semacam ini menyebabkan virus, bakteri dan jamur penyebab penyakit berkembang cukup cepat. Beberapa penyakit seperti demam berdarah, malaria, penyakit kulit, batuk pilek, infeksi saluran pernapasan, tifus, diare  paling banyak menjangkit. Oleh sebab itu Anda wajib waspada menjaga kesehatan diri dan keluarga Anda selama musim penghujan di Indonesia yang berlangsung selama enam bulan dari November hingga April. Berikut ini tips sehat selama musim penghujan.

1. Konsumsi Vitamin

Tubuh perlu beradaptasi pada saat pergantian musim. Adaptasi tubuh terhadap kondisi cuaca panas kering ke cuaca dingin lembab bis amempengaruhi sistem imunitas tubuh. Daya tahan tubuh manusia biasanya melemah, utamanya anak-anak. Hal ini menyebabkan tubuh jadi rentan terserang virus dan bakteri penyebab penyakit.

Konsumsi vitamin yang cukup, utamanya vitamin C bisa menjaga daya dahan tubuh dari serangan penyakit. Kandungan vitamin C didapat secara alami dari buah-buahan seperti jeruk, stroberi, apel, nanas. Dengan terpenuhinya vitamin C, maka fungsi imun tubuh bisa membantu melumpuhkan virus dan bakteri yang menyerang.   

2. Mencuci Tangan

Kuman penyakit mudah berkembang biak pada saat musim penghujan karena kelembaban udara yang cukup tinggi. Kuman dan bakteri bisa dengan mudah terbang dan menempel pada tangan sehingga penyebaran penyakit begitu cepat meluas. Tangan adalah media yang paling umum masuknya kuman ke mulut dan masuk ke dalam tubuh. Oleh sebab itu ingatlah selalu untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum makan dan setelah keluar rumah. Untuk lebih higienis, cucilah tangan dengan menggunakan sabun desinfektan agar kuman benar-benar mati.

3. Jaga Kebersihan Lingkungan

Lingkungan yang lembab, terlalu rindang, banyak sampah dan air tergenang menjadi sarang yang nyaman bagi perkembangbiakan nyamuk penyebab demam berdarah dan malaria. Oleh sebab itu bersihkanlah halaman dan lingkungan rumah dari tumpukan sampah daun dan ranting. Taman yang basah dan lembab cepat membusukkan sampah dan tempat berkumpulnya kuman. Jangan lupa menutup lubang penampungan dan sampah botol bersihkan. Sebab tempat tersebut menyebabkan genangan air yang disukai nyamuk untuk berkembang biak.  

4. Konsumsi Air Putih

Mengkonsumsi air minum penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan menjaga daya tahan tubuh. Meskipun pada musim hujan rasa haus jarang terasa. Jangan lupakan asupan air minum secukupnya, minimal 1,5 liter air. Dengan cukup cairan dalam tubuh akan melancarkan pencernaan dan aliran darah tetap lancar. Untuk menghindari rasa dingin, konsumsilah air putih hangat atau ditambahkan jahe agar tubuh lebih hangat.

5. Konsumsi Makanan Hangat

Saat dingin sering kali cepat merasa lapar. Konsumsilah makanan berkuah yang hangat seperti soto dan sup sayuran agar terjaga kesehatannya. Namun Anda harus ingat bahwa metabolisme tubuh pada saat musim dingin lebih lambat daripada biasanya. Apabila terlalu banyak makanan masuk tidak diimbangi olahraga maka bisa membuat lemak dan kolesterol menumpuk. Jadi jaga pola makan dan camilan agar tidak berlebihan. Untuk menghindari rasa lapar karena dingin perbanyak saja berolah raga.

6. Istirahat Cukup

Selain penyebabkan cepat lapar, udara dingin dan hujan menyebabkan kantuk juga. Namun jangan turuti rasa kantuk yang berlebihan. Perbanyak aktivitas dan berolahraga agar pekerjaan tetap lancar. Gunakan saja waktu istirahat Anda seperti biasanya. Jangan terlalu berlebihan. Terlalubanyak tidur menyebabkan otot kaku dan mudah capek. Hindari pula terlalu banyak begadang. Istirahat yang cukup memulihkan stamina dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

7. Sedia Payung Sebelum Hujan

Pada saat musim hujan, perlengkapan yang wajib Anda siapkan saat bepergian adalah payung atau jas hujan. Untuk menghindari rasa dingin sweater atau jaket perlu Anda kenakan agar tidak mudah terkena sakit yang diakibatkan alergi dingin.

Demikian 7 tips sehat saat musim penghujan. Perhatikan asupan vitamin dan mineral dalam tubuh. Perhatikan juga kebersihan lingkungan agar terhindar dari penyakit yang ditularkan oleh nyamuk. Menjaga kesehatan diri dan keluarga dari datangnya penyakit lebih utama daripada mengeluarkan banyak biaya berobat. Semoga bermanfaat. 

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment