Slide # 4

Proteksi

Kenyamanan adalah saat kita yakin akan proteksi terhadap aset dan perlindungan diri. Read More

Slide # 5

Resiko

Kemungkinan kerugian yang akan timbul di keseharian kita, bagaimana menyiasatinya Read More

Monday 16 January 2017

Asuransi Rumah dan Perlindungan Aset Properti


Asuransi rumah merupakan perlindungan terhadap aset berharga dan properti yang perlu Anda miliki. Manusia tidak pernah tahu kapan musibah dan bencana terjadi. Utamanya di daerah yang berdekatan dengan jalur gunung berapi, banjir, tanah longsor, angin putting beliung, atau gempa bumi. Oleh sebab itu, Anda hanya perlu melakukan persiapan dengan melakukan perlindungan menyeluruh terhadap aset harta benda dan properti demi kelangsungan tempat tinggal Anda dan keluarga.

Perlindungan yang dijamin oleh pihak asuransi adalah kerugian material dan finansial atas musbah kebakaran, tindak pencurian ataupun akibat bencana alam. Segala bentuk risiko kerugian yang muncul menjadi tanggung jawab asuransi. Dengan begitu Anda bisa terhindar dari perasaan khawatir yang berlebihan. Berikut ini panduan untuk Anda memilih asuransi rumah yang tepat:     

1. Cari Informasi Sebanyak Mungkin

Cara pertama memilih asuransi rumah yang tepat adalah mencari informasi sebanyak mungkin tentang  tata cara, jenis produk asuransi rumah yang ditawarkan, jaminan yang ditawarkan, perhitungan premi, serta proses klaim. Tentunya Anda tidak ingin mengalami kecewa saat nilai pertanggungan tidak sebanding dengan biaya premi yang Anda keluarkan.

Aturan polis asuransi yang ditawarkan antar asuransi, berbeda-beda.Biasanya ada dua jenis produk asuransi rumah yang ditawarkan perusahaan asuransi. Produk pertama adalah asuransi rumah property all risk. Perlindungan yang didapat atas asuransi ini adalah jaminan atas kerugian yang diakibatkan kebakaran, bencana alam, kerusuhan dan huru-hara.  Produk kedua adalah jenis asuransi standar kebakaran Indonesia. Asuransi ini memberikan perlindungan atas musibah kebakaran akibat petir, kejatuhan pesawat, dan asap. Pelajari baik-baik apabila ada yang kurang jelas, sebaiknya Anda berkonsultasi pada ahlinya.  

2. Hitung Premi

Untuk polis asuransi rumah properti all risk yag mencakup perlindungan risiko menyeluruh, perhitungannya 2 per mil dari total nilai aset. Dengan kata lain, Anda sebagai pemegang polis asuransi rumah apabila memiliki aset properti senilai 500 juta, premi yang harus dibayar adalah satu juta per tahun. Sedangkan untuk polis standar kebakaran Indonesia, nilai preminya sebesar 0,5 per mil dari total nilai aset dan properti. Misalkan rumah senilai 500 juta, berkewajiban membayar premi sebesar 250 ribu sebagai jaminannya.

3. Menentukan Nilai Aset dan Jumlah Premi

Menentukan nilai aset sebuah rumah/ bangunan usaha beserta besaran pembayaran premi adalah berdasarkan tingkat risiko dari obyek properti. Makin tinggi tingkat risikonya, makin tinggi pula premi polisnya. Misalkan saja asuransi untuk usaha pom bensin lebih mahal daripada pabrik tahu karena risiko ledakan dan kebakaran cukup besar. Selain berdasarkan tingkat risiko, maka menentukan nilai aset dan premi diperhitungkan berdasarkan kualitas bangunan. Semakin baik kualitas konstruksi rumah/ bangunan, makin rendah tarif preminya. Kualitas bangunan atas ketahanannya terhadap api juga mempengaruhi nilai aset dan pembayaran premi.  

4. Memiliki Asuransi KPR

Apabila Anda membeli rumah dengan sistem KPR, Anda boleh merasa aman. Pihak bank telah memasukkan biaya cicilan rumah beserta asuransinya. Namun, pihak bank memberikan perlindungan asuransi standar rumah kebakaran Indonesia. Sifat asuransi ini tentu saja hanya melindungi risiko kebakaran dasar. Risiko kerugian yang diakibatkan bencana alam semacam banjir, gempa dan huru-hara tidak termasuk di dalamnya.

Penting tidaknya Anda menambahkan asuransi properti all risk untuk perlindungan menyeluruh rumah dan aset Anda, tergantung lokasi rumah Anda. Apabila letak rumah Anda jauh dari gunung berapi, sungai atau tempat rawan huru-hara, tentunya Anda cukup memiliki satu asuransi rumah standar. Apabila resiko lokasi rumah Anda cukup besar, memiliki dua asuransi rumah juga lebih baik.

Demikian panduan memilih asuransi rumah yang tepat untuk Anda. Yang paling penting dari keempat hal diatas adalah teliti dalam mempelajari polis asuransi yang hendak Anda tandatangani. Semoga bermanfaat. (*)


Baca juga:
Pentingnya Asuransi untuk Perlindungan Diri dan Keluarga
Asuransi Bhakti Bhayangkara KP Malang
Produk Umum Asuransi Bhakti Bhayangkara

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment