Slide # 4

Proteksi

Kenyamanan adalah saat kita yakin akan proteksi terhadap aset dan perlindungan diri. Read More

Slide # 5

Resiko

Kemungkinan kerugian yang akan timbul di keseharian kita, bagaimana menyiasatinya Read More

Monday 6 February 2017

Asuransi Mikro untuk Masyarakat Umum


Asuransi mikro adalah jaminan perlindungan secara finansial untuk masyarakat menengah kebawah. Seperti namanya, asuransi mikro tidak membutuhkan biaya mahal untuk mendapatkan perlindungan finansial keluarga. Premi atau iuaran rutin yang dibayarkan nasabah hanya puluhan ribu per tahun. Produk asuransi mikro ini bisa membantu nasabahnya saat mendapati risiko kesehatan keluarga dan juga usaha kecil menengah.  

Manfaat

Manfaat utama asuransi mikro adalah memberikan perlindungan  dan jaminan finansial kepada masyarakat mengengah bawah dari keterpurukan ekonomi pada saat terjadi risiko kesehatan atau musibah kecelakaan dan kematian. Mengingat sebagian besar masyarakat menengah kebawah di Indonesia masih cukup banyak, pemerintah sangat mendukung produk asuransi mikro semacam ini. Oleh karena itu program pengembangan dan pengenalan asuransi mikro kepada masyarakat luas semakin gencar. Sejak 2013 Otoritas Jasa Keuangan dan pelaku usaha asuransi mengembangkan asuransi mikro yang khusus untuk masyarakat menengah kebawah.

Untuk lebih mendekatkan pada masyarakat, asuransi mikro dibuat sedemikian ingga proses pendaftaran dan pengajuan klaimnya cukup sederhana, ringan, tidak memakan waktu lama. Karakteristik asuransi mikro ini disebut sederhana, mudah, ekonomis, dan segera (SMES). Maksudnya dari karakteristik tersebut adalah asuransi mikro sederhana karena memberikan manfaat jaminan finansial dengan polis, fitur, premi, dan roses administrasi yang sederhana dan tidak berbelit. Asuransi mikro mudah didapat di lingkungan umum, utamanya di lembaga keuangan mikro, kantor pos, outlet pegadaian, minimarket, koperasi, dan tempat lain yang umum dijumpai masyarakat.   Asuransi mikro ekonomis maksudnya adalah premi yang ditetapkan untuk produk tersebut terjangkau oleh masyarakat menengah kebawah serta biaya operasionalnya efisien. Asuransi mikro bersifat segera artinya proses pembayaran klain harus segera diajukan setalah terjadinya risiko.

Produk Perlindungan

Asuransi mikro mengeluarkan beberapa produk yang dikhususkan untuk masyarakat menegah bawah. Produk tersebut diantaranya adalah asuransi kesehatan, asuransi usaha kecil mikro, asuransi kecelakaan kendaraan bermotor, dan asuransi jiwa. Jenis perlindungan untuk asuransi mikro dikemas sederhana, lugas dan tidak terlalu kompleks.

Produk asuransi mikro ini pada mulanya dikenalkan oleh perusahaan asuransi jiwasraya yang mengeluarkan jaminan asuransi kesehatan dasar, kematian dan usaha mikro. Hingga saat ini beberapa perusahaan asuransi mulai mengembangkan asuransi mikro untuk menarik nasabah kecil menengah.  

Syarat Pendaftaran

Asuransi mikro memberikan kemudahan dalam syarat pendaftarannya. Hal ini tentu meringankan masyarakat luas untuk bisa mendaftar. Cara mendaftar dan mendapatkan asuransi ini cukup mudah, karena sudah beredar produk asuransi mikro yang dikemas dalam bentuk voucher. Proses pendaftaran dan pengajuan klaim asuransipun bisa dilakukan melalui SMS.

PT Asuransi Bhakti Bhayangkara mengeluarkan asuransi mikro asuransi kecelakaan diri pengemudi (AKDP). Asuransi ini bersifat sukarela dan bisa di dapat pada saat nasabah mengurus SIM. Hanya dengan pembayaran premi 30 ribu, nasabah mendapatkan perlindungan selama lima tahun. Pengajuan klaim bisa segera diurus apabila terjadi kecelakaan sewaktu tertanggung sedang mengemudikan kendaraan di jalan karena tabrak lari, tergelincir atau tabrakan dengan pengendara lain.  

Cara pengajuan klaim adalah dengan segera mendatangi kantor cabang dan kantor pemasaran di daerah setempat, dengan melampirkan surat keterangan kejadian kecelakaan lalu lintas dari satlantas, surat rawat rumah sakit, fotokopi KTP dan kartu asuransi tertanggung dan tuntutan dari ahli waris yang sah apabila tertanggung sampai meninggal dunia.

Demikian penjabaran asuransi mikro beserta manfaat, produk dan manfaatnya. Dengan dukungan pemerintah mengenalkannya kepada masyarakat luas, Asuransi mikro akan menjadi salah satu pilar peningkatakan kesejahteraan masyarakat melalui perlindungan jaminan jiwa, kesehatan dan usaha mikro.


Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment