Slide # 4

Proteksi

Kenyamanan adalah saat kita yakin akan proteksi terhadap aset dan perlindungan diri. Read More

Slide # 5

Resiko

Kemungkinan kerugian yang akan timbul di keseharian kita, bagaimana menyiasatinya Read More

Sunday 5 February 2017

Perlindungan Aset Barang Elektronik Perusahaan dan Umum


Asuransi elektronik adalah perlindungan terhadap aset-aset elektronik yang dimiliki dan digunakan dalam sebuah perusahaan. Misalkan saja alat elektronik untuk keperluan medis di rumah sakit, peralatan elektris untuk industri studio perfilman, studio rekaman, kantor telekomunikasi, perusahaan percetakan dan lain-lain.

Manfaat

Manfaat mengikutkan aset elektronik perusahaan Anda dalam asuransi adalah melindungi kerugian secara finansial atas peralatan listrik akibat kerusakan yang disebabkan oleh aliran listrik yang tidak stabil, bencana banjir, atau kerusakan fisik karena kelalaian pegawai tanpa sengaja. Di era serba digital ini, peran peralatan elektronik menjadi sangat penting bagi keberlangsungan sebuah perusahaan, bahkan masyarakat awam.

Tiap asuransi memiliki peraturan masing-masing mengenai jenis barang elektronik yang bisa diasuransikan. Yang pasti, Anda harus melihat kegunaan barang elektronik yang Anda asuransikan benar-benar cukup penting dalam menunjang aktivitas kerja dan kehidupan Anda.

Jaminan dan Polis

Pelajarilah jaminan perlindungan yang diberikan oleh pihak asuransi. Perusahaan asuransi ada kalanya memberikan daftar risiko yang dikecualikan. Misalkan saja risiko yang tidak ditanggung oleh asuransi adalah; perang dan reaksi radioaktif nuklir dan kelalaian yang disengaja. Sedangkan risiko kerusakan yang umumnya dijamin oleh pihak asuransi adalah; akibat bencana alam, kebakaran, ledakan, sabotase, pencurian/ perampokan, salah rakit, salah desain, kerusakan komponen, dan risiko yang sifatnya tidak terduga.

Asuransi elektronik bisa diperluas dengan jaminan tambahan yang mencakup kejadian-kejadian lain. yaitu; jaminan risiko kerusakan saat terjadi pemogokan, kerusuhan, huru-hara, gempa bumi, tsunami, gunung meletus, angin puyuh, atau angin topan. Penambahan ini tentu saja berdasarkan persetujuan pihak penanggung premi dengan kesepakatan tambahan.

Syarat Dokumen

Asuransi elektronik semakin banyak digunakan seiring kemampuan daya beli masyarakat yang lebih suka memilih pembelian kredit. Persentase naiknya premi hampir sama besar dengan meningkatnya kredit konsumtif. Pendaftaran asuransi elektronik tentunya dilakukan pada saat pembelian barang elektronik pada transaksi kredit. Dokumen yang biasanya dibutuhkan untuk mengajukan asuransi barang elektronik adalah KTP dan kartu garansi alat elektronik yang dibeli.

Pada saat klaim asuransi, ada beberapa dokumen penting yang harus Anda lengkapi. Yaitu; buku asuransi asli yang distempel toko distributor, kuitansi asli pembelian barang, fotokopi KTP, formulir klaim, foto kerusakan, surat estimasi kerugian dari servis center, kartu garansi produk, dokumen pendukung lain dan materai secukupnya.  Untuk kasus barang kecurian, perlu disertakan pula keterangan dari aparat  kepolisian.

Cara Mendaftar

Untuk melakukna pendaftaran asuransi aset elektronik, Anda perlu melakukan beberapa perbandingan antara beberapa perusahaan asuransi. Selain itu Anda perlu menanyakan dengan jelas risiko yang ditanggung dan proses pengajuan klaimnya. Barang elektronik yang bisa didaftarkan ke perusahaan asuransi diantaranya adalah; peralatan elektronik, komputern dan peralatan laboratorium.

Harga pertanggungan atau premi asuransi barang elektronik berbeda-beda tergantung masing-masing perusahaan. Harga pertanggungan untuk menghitung premi akan dibayarkan pihak asuransi pada saat Anda mengajukan klaim. Premi yang perlu Anda bayar pertahun sekitar 10% dari harga barang.

Apabila harga jaminan yang ditanggung asuransi lebih dari jumlah yang disyaraktkan untuk asuransi, maka tertanggung akan mendapat ganti rugi sebesar kerugian yang diderita. Ini disebut sebagai over insurance. Sebaliknya apabila harga pertanggungan kurang dari jumlah yang diasuransikan, maka pada saat terjadi klaim akan mendapat ganti rugi prorata. Demikian penjelasan tentang perlindungan aset elektronik untuk memberikan pertanggungan bila terjadi risiko kerusakan.  Semoga bermanfaat bagi Anda. Semoga bermanfaat. 


Baca juga:
Melindungi Rumah Selalu Bersih dan Sehat
Menjaga Keamanan Rumah Saat Berlibur
Cara Mengenalkan Uang Pada Anak Sejak Dini
Perlindungan Keluarga dan Anak dalam Berinternet
Kebiasaan Keluarga Sehat dan Sejahtera
Tips Kebebasan Finansial Tanpa Utang

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment