Slide # 4

Proteksi

Kenyamanan adalah saat kita yakin akan proteksi terhadap aset dan perlindungan diri. Read More

Slide # 5

Resiko

Kemungkinan kerugian yang akan timbul di keseharian kita, bagaimana menyiasatinya Read More

Friday 3 February 2017

Melindungi Rumah Selalu Bersih dan Sehat


Melindungi rumah tetap bersih dan rapi adalah keinginan para orangtua. Selain membuat rumah lebih lega, rumah bersih tentu membuat keluarga lebih sehat dan bebas dari kuman yang menempel pada debu penyebab alergi. Berikan perlindungan keluarga yang terbaik dengan rumah yang bersih dan sehat. Anda tidak perlu melakukannya sendiri. Ajaklah seluruh anggota keluarga untuk aktif dan sadar akan kebersihan rumah, terlebih lagi kamar mereka sendiri.   

1. Kelompok Tugas Rumah

Kebersihan rumah adalah tugas semua anggota keluarga; orangtua dan juga anak-anak. Seetiap kumpul bersama keluarga , jelaskan pentingnya membersihkan debu kaca jendela, di bawah tempat tidur, merapikan benda-benda di ruangan setelah selesai dipakai.  Mengajak semua anggota keluarga menjaga kerapian dan kebersihan tentu membutuhkan waktu dan kesabaran. Tulislah kelompok tugas rumah yang harus dilakukan masing-masing keluarga. Misalkan saja tugas kebersihan dapur, anak-anak mendapat tugas menata piring bersih, Ibu bagian membersihkan kompor berminyak, Ayah bagian membereskan saluran air agar selalu lancar.

Buat kelompok tugas di setiap ruangan agar terasa lebih ringin. Ingatkan juga agar setiap anggota keluarga harus tanggap membersihkan tumpahan makanan dan minuman langsung daripada membekas dan menjadi noda membandel. Hal ini menumbuhkan rasa tanggung jawab masing-masing angota keluarga pada kebersihan rumah.    

2. Rapikan Sebelum Tidur

Mintalah masing-masing anggota keluarga untuk menyimpan barang-barang berserakan setiap hari sebelum tidur. Misalkan saja buku dan koran yang bertebaran seharian, piring dan sendok bersih dipindahkan dari rak cuci ke rak piring, baju-baju yang telah diseterika dimasukkan ke dalam lemari masing-masing. Sehingga keesokan hari masing-masing barang telah tersedia di tempatnya masing-masing tanpa ada yang kebingungan mencari.

3. Bersihkan saat Segar

Anda bisa melakukan pembersihan rutin rumah seperti menyapu dan mengepel saat masih pagi dan segar sekaligus sebagai kegiatan olahraga.  Jagalah peralatan kamar mandi, kamar cuci pakaian, dapur selalu tetap bersih agar mudah menjangkaunya saat Anda membutuhkannya.

4. Kerja Bakti Keluarga

Membersihkan rumah bersama tentunya lebih meringankan dan menyenangkan dibandingkan membersihkan rumah sendirian. Buatlah jadwal bersama keluarga untuk bersih-bersih rumah setiap minggu pagi, misalnya. Tentunya Anda perlu membuat pembagian tugas yang seimbang sesuai usia dan kemampuan masing-masing anggota keluarga. Kelompokkan tugas-tugas rumah dengan jelas. Misalkan anak-anak bagian mencabut rumput dan menyapu halaman depan. Orangtua membersihkan kamar mandi dan dapur.

Tidak perlu semua ruangan dibersihkan dalam satu hari tersebut. Satu per satu yang penting rutin tiap minggu melakukan kerja bakti bersama. Misalkan saja minggu pertama membersihkan dapur dan kamar mandi. Minggu kedua membersihkan gudang. Minggu ketiga membersihkan tempat tidur masing-masing. Minggu keempat membersihkan ruang keluarga dan halaman. Kerja bakti bersama keluarga akan membuat anak-anak menghargai kebersihan tempat tinggal dan ruangan di dalamnya.  

5. Rayakan Bersama

Setelah selesai kerja bakti membersihkan rumah, rayakanlah bersama keluarga. Berilah hadiah masing-masing anggota keluarga dengan makanan favorit bersama. Misalkan saja datang ke kedai es krim atau nonton film bersama-sama. Jadikan momen selepas kerja bakti bersama sebagai momen paling memuaskan karena masing-masing keluarga bisa menyelesaikan tugas dengan baik. Kegiatan bersama ini selain merekatkan hubungan keluarga juga meningkatkan semangat masing-masing anggota keluarga untuk tetap menjaga rumah selalu bersih dan teratur.

Memberikan perlindungan rumah agar tetap bersih dan sehat cukup mudah dengan lima langkah. Membagi kelompok tugas kebersihan rumah sesuai usia dan kemampuan anggota keluarga, merapikan ruangan sebelum tidur, kerja bakti setiap minggu, dan merayakannya setelah selesai. Hal itu akan membuat semakin bersih dan mempererat keakraban antar anggota keluarga. Selamat mencoba.     


Baca juga:
Menjaga Keamanan Rumah Saat Berlibur
Cara Mengenalkan Uang Pada Anak Sejak Dini
Perlindungan Keluarga dan Anak dalam Berinternet
Kebiasaan Keluarga Sehat dan Sejahtera
Tips Kebebasan Finansial Tanpa Utang

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment