Slide # 4

Proteksi

Kenyamanan adalah saat kita yakin akan proteksi terhadap aset dan perlindungan diri. Read More

Slide # 5

Resiko

Kemungkinan kerugian yang akan timbul di keseharian kita, bagaimana menyiasatinya Read More

Thursday 2 February 2017

Menjaga Keamanan Rumah saat Berlibur


Merencanakan kegiatan liburan jauh-jauh hari sangat menyenangkan sekaligus meringankan. Memesan fasilitas transportasi, penginapan dan tiket-tiket tempat wisata tertentu bisa mendapatkan harga jauh lebih murah daripada pada saat mendekati hari libur. Tetapi Anda jangan lupa untuk merencanakan juga keamanan rumah matang-matang sebelum bepergian dalam waktu lama.   Sebab rumah yang ditinggalkan kosong dalam kurun waktu seminggu bisa jadi mangsa empuk penjahat nekat. Oleh sebab itu, persiapkan rencana liburan Anda baik-baik sekaligus pengamanan rumah Anda.

1. Perbaiki Kunci Rumah

Sebelum meninggalkan rumah pada saat berlibur, Anda harus melakukan cek dan ricek kunci dan gerendel pintu dan jendela rumah. Apabila ada yang rusak segeralah perbaiki. Apabila ada yang macet dan seret, segeralah beri oli atau kalau sudah parah ganti saja kunci dengan yang baru. Sedikit saja ada celah di pintu atau jendela Anda, bisa menjadi sasaran empuk maling yang sedang beroperasi.

2. Pasang Gembok dan Teralis

Untuk menjaga rumah dari kemalingan, pintu-jendela-gerbang harus mendapat pengamanan utama agar aman. Terutama bila rumah Anda cukup besar dengan halaman luas. Securitu perumahan memang bisa Anda andalkan untuk mengamankan lingkungan perumahan. Namun untuk pengamanan berlapis,  Anda bisa memasang teralis besi di jendela dan pintu rumah. Apalagi bila rumah Anda terdapat halaman luas dan rimbun untuk tempat bersembunyi penjahat, bisa jadi tempat persembunyian itu luput dari pengamanan security.  Untuk gerbang depan tambahkanlah gembok dobel agar tidak mudah dirusak penjahat. Hal ini akan menjadikan halangan berlapis bagi maling agar tidak mudah masuk ke dalam rumah Anda yang sedang kosong.

3. Pasang CCTV

Saat ini sistem pengawasan cctv online sudah banyak ditawarkan. Jadi Anda bisa menghubungkan cctv di rumah dengan smartphone yang bisa diakses real-time. Anda bisa menghubungi perusahaan penyedia layanan cctv dan memasangkannya di ruang-ruang penting di rumah Anda; teras, pintu belakang, ruang tamu, ruang keluarga, ruang khusus menyimpan brankas bila ada. Dengan adanya layanan cctv yang bisa terhubung secara online ini, Anda bisa merasa aman dimanapun kapanpun berada. Sebab Anda bisa mengawasi rumah Anda dari jauh selama 24 jam.   

4. Pasang Alarm

Memasang alarm di rumah rumah salah satu cara tepat untuk memberikan pengamanan ekstra rumah Anda. Segera hubungi perusahaan penyedia layanan alarm rumah untuk mengetahui jenis-jenis alarm yang ada. Anda bisa memilih jenis alarm yang akan segera menyala apabila pintu rumah Anda dirusak paksa. Lebih baik lagi apabila alarm tersebut Anda hubungkan dengan pihak keamanan. Sehingga, beberapa menit setelah alarm berbunyi, pihak keamanan akan segera memeriksa rumah Anda untuk menangkap maling yang berusaha masuk rumah Anda.   

5. Nyalakan Lampu Teras

Sebelum Anda pergi berlibur jauh, nyalakanlah lampu teras dan satu lampu berdaya watt kecil di dalam rumah. Hal ini bisa membuat rumah Anda tidak terkesan kosong dan mengundang penjahat memasuki rumah Anda. Pasang saja lampu dengan daya watt kecil agar tagihan listrik tidak membengkak.

6. Titip Tetangga

Apabila Anda tinggal di perumahan yang masih kental kekeluargaannya, Anda sangat beruntung. Tetangga terdekat rumah Anda pasti mau dimintai tolong untuk membantu mengawasi rumah Anda. Apalagi bila Anda selalu memperhatikan dan berbuat baik pada tetangga sekitar. Apabila Anda sudah kenal baik dengan tetangga, Anda bisa menitipkan kunci gerbang padanya untuk membantu menyalakan lampu teras saat malam dan mematikannya kala siang. Sehingga rumah Anda terlihat benar-benar tidak kosong. Apabila Anda tinggal di perumahan elit, mintalah bantuan pihak security mengawasi rumah Anda dengan baik.  

7. Tutup Gorden

Menutup gorden jendela dengan sempurna adalah cara bijak untuk membuat rumah Anda aman. Hal ini akan menutup pandangan orang-orang yang lewat dari melihat benda-benda di dalam rumah Anda. Jadi apabila gorden rumah Anda sedang rusak atau berlubang, sebaiknya perbaiki dulu sebelum bepergian dalam waktu lama. Semakin tertutup sempurna bagian dalam rumah Anda, maka semakin aman.  

8. Simpan Benda Berharga

Surat-surat bergarga dan perhiasan yang Anda simpan di dalam rumah perlu diamankan baik-baik sebelum bepergian dalam waktu lama. Minimal simpanlah di sebuah brankas khusus yang aman. Lebih aman lagi titipkan brankas tersebut pada saudara yang benar-benar Anda percayai. Atau bisa juga Anda menyewa kotak deposit di bank selama beberapa waktu. Yang perlu Anda ingat adalah simpanlah barang berharga Anda baik-baik saat bepergian meninggalkan rumah.

Demikian 8 cara menjaga rumah Anda tetap aman dari kemalingan saat Anda berlibur panjang. Yang paling penting dan utama Anda lakukan adalah mengunci baik-baik pintu, jendela, dan gerbang rumah pada saat Anda bepergian.


Baca juga:
Cara Mengenalkan Uang Pada Anak Sejak Dini
Perlindungan Keluarga dan Anak dalam Berinternet
Kebiasaan Keluarga Sehat dan Sejahtera
Tips Kebebasan Finansial Tanpa Utang
Tips Membangun Networking agar Sukses

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment